Kreatif, Biologi UBB Sukses Gelar Kelas Ecoprint

Kreatif, Biologi UBB Sukses Gelar Kelas Ecoprint

Karya Ecoprint mahasiswa Biologi UBB. --Foto: ist

BABELPOS.ID, BALUN IJUK - Jurusan Biologi Universitas Bangka Belitung (UBB) sukses melaksanakan program team based project kelas kolaboratif dan partisipatif untuk Mata Kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan (SPT) periode semester genap TA 2023/2024, Senin (25/3/2024).

Diketahui, program tersebut mencangkup kegiatan inventarisasi dan identifikasi morfologi daun pada tumbuhan. 

Dosen pengampu, Rinny Saputri mengatakan program kelas kolaboratif dan partisipatif ini didanai oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) UBB.

"Tujuannya untuk menciptakan kondisi belajar yang kolaboratif dan partisipatif, yang mana mahasiswa sebagai pusat pembelajaran dapat turun langsung melakukan praktik, kemudian menganalisis dan mengintegrasikan pengetahuan dasar yang telah mereka dapatkan selama proses belajar di dalam dan di luar kelas," ujar Rinny.

BACA JUGA:Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota UBB Bersihkan Pantai Kuala Indah

BACA JUGA:Prihatin Kemerosotan Etika Generasi Muda, 7 Mahasiswa UBB Ini Bikin Konten Video Edukasi

Dikatakan Rinny, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 2 jurusan Biologi TA 2024, dengan 4 kegiatan yakni, pengamatan inventarisasi jenis tumbuhan yang akan digunakan sebagai motif ecoprint, identifikasi morfologi organ daun dan bunga yang digunakan sebagai motif ecoprint, dan kegiatan pewarnaan ecoprint pada T-Shirt, Totte bag, dan kerudung. 

"Dalam setiap rangkaian kegiatan tersebut mahasiswa juga melakukan pembuatan video pembelajaran yang nantinya akan diunggah di media sosial, seperti youtube," terangnya.

BACA JUGA:Tim Etnobiologi UBB Eksplor Suku Jering, Ada Sedekah Gunung Hingga Bubur Sure

BACA JUGA:Bantu Masyarakat, Mahasiswa Teknik Mesin UBB Hasilkan 7 Alat Ini

"Sehingga nantinya, output dari serangkaian kegiatan kelas team based project Mata Kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan ini adalah mahasiswa akan menghasilkan produk ecoprint berupa T-Shirt, Totte bag, dan kerudung," tambahnya.

"Laran lain dari kelas team based project MK Ekologi Kepulauan ini adalah mahasiaswa akan mempublikasikan video pembelajaran proses pewarnaan ecoprintnya pada media sosial seperti youtube," imbuhnya.(*)

BACA JUGA:Libatkan 200 Mahasiswa, Kelas Case Method MK Genetika Biologi UBB Sukses Digelar

BACA JUGA:Pengabdian Masyarakat, Dosen UBB Beri Wawasan Pemantapan Nilai Kebangsaan Bagi Siswa SMAN 1 Bakam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: biologi ubb sukses gelar kelas ecoprint