Pengendara Sepeda Motor Wajib Tahu! Ini Cara Aman Berkendara Ketika Berpuasa

Pengendara Sepeda Motor Wajib Tahu! Ini Cara Aman Berkendara Ketika Berpuasa

Tips berkendara saat menjalankan ibadah puasa. --Foto: ist

BABELPOS.ID - Berkendara saat puasa dapat menjadi lebih melelahkan dibandingkan dengan hari-hari biasa. Kondisi berpuasa seringkali menyebabkan rasa lapar, penurunan gula darah, atau dehidrasi, yang dapat mengakibatkan hilangnya fokus, kelelahan yang cepat, bahkan kantuk dan kurang kesabaran.

Namun, itu tidak berarti Anda harus menghindari berkendara selama Ramadan, bukan? Sebaliknya, Anda harus meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan diri agar kondisi berpuasa tidak mengganggu kemampuan Anda dalam berkendara.

Bagi yang masih aktif di luar ruangan dan menjalani puasa, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang penting. Meskipun sedang berpuasa, itu tidak boleh menghalangi aktivitas, termasuk mengendarai sepeda motor. Namun, perlu lebih berhati-hati karena mengendarai motor merupakan kegiatan berisiko tinggi, dan kurang konsentrasi bisa berbahaya.

“Ketika berpuasa sangat penting untuk selalu menjaga konsentrasi saat berkendara dan juga perkirakan kondisi fisik sebelum berkendara," tutur Anggie Faeza Sirkandi selaku Instruktur Safety Indonesia Main Dealer Honda PT. Asia Surya Perkasa.

BACA JUGA:Ngabuburit Aman dan Nyaman Naik Motor Bersama Kesayangan, Ini Tipsnya!

BACA JUGA:Begini 6 Tips Pengereman yang Baik saat Berkendara Sepradik!

Untuk menghindari dari hal-hal yang tidak di inginkan, simak tips berikut :

Jaga Pola Hidup yang Baik

Pastikan makan sahur dengan gizi yang cukup dan konsumsi multivitamin atau suplemen tubuh untuk menjaga kondisi tubuh. Persiapan sahur yang baik sangat penting untuk menjaga konsentrasi saat berkendara.

Istirahat yang Cukup

Sebelum berkendara, pastikan Anda mendapatkan istirahat atau tidur yang cukup. Lakukan juga olahraga ringan untuk meningkatkan energi.

Pilih Rute dengan Bijak

Saat bepergian, pilihlah rute yang tepat. Pemilihan rute yang baik dapat mengurangi kelelahan akibat cuaca panas dan kemacetan.

BACA JUGA:9 TIPS MERAWAT MOTOR MATIC AGAR SELALU PRIMA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: