Zakat Fitrah Kabupaten Bangka 42.500 Per Jiwa

Zakat Fitrah Kabupaten Bangka 42.500 Per Jiwa

Rapat penentuan zakat fitrah Kabupaten Bangka.--Foto: Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Berdasarkan hasil rapat bersama, zakat fitrah di Kabupaten Bangka pada Ramadan 1445 Hijriah ditetapkan sebesar Rp42.500 per jiwa.

"Besaran ketetapan zakat fitrah Rp42.500 per jiwa berdasarkan hasil rapat bersama yang melibatkan organisasi Islam, Baznas dan pihak terkait yang lain," kata Staf Kementerian Agama Kabupaten Bangka,  Zakwan di Sungailiat, Kamis (14/3).

Ia mengatakan, ketetapan besaran zakat fitrah itu dikonversi atau setara 2,5 kilogram beras dengan harga beras Rp 17.500 per kilogram. Sedangkan pembayaran Fidyah dan Kafarat ditetapkan sebesar Rp 25.000 per hari, yakni untuk makan satu orang miskin per hari.

"Zakat maal emas sebesar  Rp82.312.725 dengan jumlah 85 gram emas Nisab per tahun. Perhitungan Nisab zakat maal tersebut sesuai harga emas pada tanggal 23 Januari 2024," kata Zakwan.

BACA JUGA:Rumah Zakat Donasi Buku Untuk Pondok Pengajian Ar Rahman

BACA JUGA:Bupati Mulkan Ingatkan Umat Muslim Segera Bayar Zakat

Ketua Baznas Bangka, M Nasir Hasan mengatakan hasil rapat penetapan Nisab zakat maal, fitrah serta Fidyah tahun 1445 hijriah menjadi dasar penentuan zakat di masing - masing unit penerima zakat (UPZ) yang ada di masjid yang ada di Kabupaten Bangka.

"Silakan pada UPZ di masjid untuk melaksanakan penerimaan zakat sesuai dengan ketentuan tersebut," katanya.

M Nasih Hasan mengingatkan panitia UPZ nantinya melaporkan hasil dari penerimaan zakat ke Baznas Bangka karena secara berjenjang akan dilaporkan ke Baznas pusat, hal tersebut untuk menghitung besaran potensi zakat yang ada di daerah.(*)

BACA JUGA:Baznas Serahkan Zakat Bagi 1.000 Mustahik

BACA JUGA:Zakat Fitrah Bangka 2,5 Kg Beras atau Uang Rp 32.500

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: