Bangka Tengah Optimis Menujuh KSRG, Sebanyak 200 Cromebook Diusulkan

Bangka Tengah Optimis Menujuh KSRG, Sebanyak 200 Cromebook Diusulkan

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Bateng, Esdras Silverius --

BABELPOS.ID, KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) berkesempatan hadir dalam kegiatan Google Education Indonesia Summit 2024 bersama 12 Kabupaten/Kota se-Indonesia dan bersiap menujuh Kandidat Sekolah Rujukan Google (KSRG).

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Bateng, Esdras Silverius Bangun menyampaikan pada tahun 2023, Bangka Tengah telah menyiapkan guru-guru yang bersertifikat Google Educator Level 1 untuk dapat mengimplementasikan penerapan pembelajaran digital melalui google workspace for education. 

BACA JUGA:Wujudkan Zero Halinar, Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Rutin Razia Kamar Hunian Warga Binaan

"Untuk saat ini di Bangka Tengah telah terdapat 41 Guru yang bersertifikat Google Educator Level 1, ini menjadi modal awal untuk mengajukan 4 sekolah menujuh KSRG Tahun 2024," terangnya, Jumat (15/3/2024).

Disampaikan Esdras, selain menyiapkan Guru yang bersertifikat Google Educator Level 1, pihaknya juga perlu menyiapkan perangkat digital, yaitu cromebook di setiap satuan pendidikaan, terutama calon KSRG.

BACA JUGA:Pencari Kerja Siap-siap, Bangka Barat Segera Buka 1.330 Formasi ASN 2024

"Kita akan mengusulkan pengadaan cromebook sejumlah 200 unit pada Tahun 2024 dan secara bertahap dilengkapi sampai dengan Tahun 2025 melalui APBD Kabupaten Bangka Tengah," ujarnya.

Dikatakan Esdras, saat ini sudah terdapat 638 cromebook di 42 sekolah dan perlu melengkapi secara maksimal jumlah cromebook di setiap satuan pendidikan, terutama sekolah yang dipersiapakan sebagai KSRG.

"Minimal terdapat 60 cromebook di setiap sekolah tersebut, yang saat ini rata-rata baru tersedia 15 cromebook," tuturnya.

BACA JUGA:BPJPH dan Satgas Halal Kanwil Kemenag Babel Bersinergi Di Kampanye WHO 2024

Kata Esdras, apabila belajar praktik baik di Kabupaten Madiun dan Kabupaten Kutai Kartanegara yang dapat mengalokasikan secara maksimal cromebook untuk seluruh siswa SD kelas 4-6, Siswa SMP dan Guru masing-masing mendapatkan 1 unit, sehingga mempercepat capaian KSRG.

"Belajar dari Kabupaten Madiun dan Kutai Kartanegara yang konsisten dapat memenuhi penyediaan cromebook bagi seluruh siswa dan guru selama 3 tahun, tentu kami juga yakin dengan komitmen bersama, Bangka Tengah dapat secara bertahap menyiapan cromebook terutama bagi 4 sekolah yang akan menjadi KSRG 2024," ujarnya.

BACA JUGA:Warga Bogor Ngedar Sabu di Pangkalpinang, Barang Bukti 10,46 Gram

Kata Dia, Dinas Pendidikan Bateng akan menyiapkan langkah strategis untuk dapat mencapai KSRG Tahun 2024, agar siswa Bangka Tengah tidak tertinggal secara kompetensi dan kualifikasi dari siswa di kota-kota besar pulau jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: