Hasil Pemantauan Langsung Pj Gubernur Safrizal, Stok Beras di Bangka Terkendali

Hasil Pemantauan Langsung Pj Gubernur Safrizal, Stok Beras di Bangka Terkendali

Safrizal Zakaria Ali, PJ Gubernur Babel Cek Ketersediaan di Gudang Beras Pangkalan Baru--

BABELPOS.ID, PANGKALANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA bersama dengan Satgas Pangan Babel, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Tarmin turun langsung ke lapangan, guna mengecek ketersediaan stok ke Gudang Beras yang bertempat di Pangkalanbaru, Selasa (27/2/24).

BACA JUGA:Satgas Halal Kemenag Babel Ajak Kepala Madrasah Urus Sertifikasi Halal Kantin Sekolah

BACA JUGA:Green Leadership untuk Generasi Mendatang

Berdasarkan hasil dari pemantauan secara langsung tersebut, Pj Gubernur mengungkapkan bahwa untuk dua bulan kedepan stok beras di Pulau Bangka dapat dikatakan aman.

"Dari hasil pengecekan ke salah satu gudang distributor terbesar di Pulau Bangka, stok beras kita cukup untuk 2 bulan ke depan. Kebutuhan perbulan di Pulau Bangka itu sekitar 9.000 ton, sedangkan 5.500 ton sudah dari sini, belum lagi stok-stok dari distributor lainnya. Untuk stok tersebut terdiri dari beras premium, sekitar 90%, sedangkan yang medium 10%," ujar Pj Gubernur.

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Babel Gelar Sosialisasi IRH Bagi Pemda se-Bangka Belitung

Saat ini, harga tebus di Jakarta pun sudah mencapai harga eceran tertinggi (HET), hal ini merupakan situasi nasional yang memang dihadapi di tiap daerah, sehingga berimbas pada harga di daerah termasuk pulau Bangka dan Belitung, ditambah lagi ongkos angkutnya.

"Harga tebus yang di jakarta memang sudah mencapai harga eceran tertinggi, sekitar empat belas ribuan untuk beras medium, untuk beras premium mencapai lima belas ribuan," kata Safrizal.

BACA JUGA:Tracking Kekayaan Tersangka Tipikor Timah, Ada Deposito Rp 1 Triliun?

BACA JUGA:Pj Gubernur Safrizal ZA Targetkan Penyusunan dan Pengisian IKK LPPD Provinsi

Dirinya juga mengimbau, bahwa beras medium masih tersedia di tengah-tengah masyarakat. Jadi, masyarakat diharapkan tidak perlu panik. Apalagi, dalam waktu dekat, orang nomor satu di Kepulauan Bangka Belitung tersebut akan segera berkoordinasi dengan pihak Bulog.

"Khusus untuk beras medium, kami akan berkoordinasi dengan Bulog untuk melepas cadangan beras medium bulog agar mengalir di pasaran, sehingga bisa menahan harga beras medium dari swasta," katanya.

BACA JUGA:Nelayan Ngeluh Kapal Trawl, Polres Basel Langsung Turun, Ini Hasilnya

BACA JUGA:Besok Operasi Pasar Murah di Himpang 5, Pemkab Basel Siapkan 1,5 ton Beras Premium, Dijual Segini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: