Green Leadership untuk Generasi Mendatang

Green Leadership untuk Generasi Mendatang

Dian Prihardini Wibawa --Foto: ist

Oleh: Dian Prihardini Wibawa

Dosen Jurusan Manajemen FEB Universitas Bangka Belitung

------------------------------

GENERASI mendatang akan mewarisi bumi yang penuh dengan masalah lingkungan, seperti polusi, krisis air, dan perubahan iklim. Di tengah situasi ini, Green Leadership, yang merupakan salah satu solusi untuk membangun masa depan yang lebih berkelanjutan.

Green Leadership merupakan gaya kepemimpinan yang mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan dalam pengambilan keputusan serta tindakan. Dengan memiliki visi yang jelas tentang masa depan yang berkelanjutan, Green Leadership mampu menginspirasi orang lain untuk mewujudkannya.

Oleh sebab itu, Green Leadership mempunyai karateristik antara lain: 1) visi yang jelas: Green Leadership memiliki visi yang jelas tentang masa depan yang berkelanjutan dan menunjukkan komitmen yang kuat terhadap keberlanjutan, 2) Keterampilan Berkolaborasi: mampu bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, bisnis, dan masyarakat sipil, untuk mencapai tujuan bersama, 3) Kemampuan Beradaptasi: mampu beradaptasi dengan perubahan dan tantangan baru yang terkait dengan keberlanjutan dan 4) Keberanian untuk Berinovasi: berani untuk mencoba ide-ide baru dan solusi inovatif untuk mengatasi masalah keberlanjutan.

BACA JUGA:Optimalisasi UMKM Keberlanjutan

BACA JUGA:PESTA, SIMULACRA DAN DEMOKRASI

Green Leadership juga memberikan manfaat yakni, 1) meningkat kinerja dengan cara meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan reputasi perusahaan, 2) membangun ketahanan terhadap perubahan iklim: Green Leadership dapat membantu organisasi dan masyarakat untuk membangun ketahanan terhadap perubahan iklim dan 3) meningkatkan kualitas hidup: Green Leadership dapat meningkatkan kualitas hidup dengan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Bagaimana dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diketahui bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki potensi besar untuk menjadi Green Leadership di Indonesia. Dengan alasan adanya potensi keberlanjutan seperti Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki kekayaan alam seperti hutan, pantai, dan mineral yang dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. Adanya energi terbarukan yakni tenaga surya dan angin, serta green tourism dapat dikembangkan dengan memperhatikan ramah lingkungan.Upaya yang dilakukan untuk Green Leadership Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan beberapa kebijakan dan program program untuk mendukung keberlanjutan.

BACA JUGA:Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menyelamatkan Keberlangsungan Sekolah Swasta

BACA JUGA:Pemilu 2024: Aksi dan Asa Generasi Muda Menentukan Arah Politik Indonesia

Tantangan Green Leadership Aktivitas pertambangan yang dapat merusak lingkungan, Kebakaran hutan dan belum optimalnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Artinya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki potensi besar untuk menjadi Green Leadership di Indonesia. Dengan upaya bersama dari pemerintah, masyarakat sipil, dan sektor swasta, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat mencapai masa depan yang berkelanjutan. (*)

BACA JUGA:SDM Pendidikan dan Tantangan Globalisasi Masa Depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: