Sidak Satgas Pangan Polda Temukan Harga Beras di Atas HET

 Sidak Satgas Pangan Polda Temukan Harga Beras di Atas HET

Pengecekan ke Gudang Beras.-dok-

BABELPOS.ID.- PANGKALPINANG - Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) dan Tim Satgas Pangan Polda Bangka Belitung melakukan pengecekan harga Bahan Pokok (Bapok) di Pasar dan sejumlah gudang distributor di Pangkalpinang, Sabtu (24/2/24).

Pengecekan ini merupakan pendampingan dari Tim Satgas Pangan Polda Bangka Belitung kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bangka Belitung.

Plt. Wadir Reskrimsus Polda Babel AKBP Fahroni mengatakan pengecekan dan monitoring ini dilakukan untuk memastikan kestabilan dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di Pasar dan Gudang Ditributor.

"Kita dari Satgas Pangan Polda Babel hanya pendampingan untuk mengecek ketersedian bahan pokok dipasaran terutama beras,"kata Fahroni usai pengecekan.

Fahroni menyebutkan pengecekan dilakukan di Pasar Pagi Pangkalpinang, Gudang Bulog dan beberapa Gudang Distributor Beras yang ada di wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

BACA JUGA:Harga Bahan Pangan Kembali Melonjak, Cabai Rp15.000 Per Ons, Beras Rp17.500 Per Kilogram

Dari hasil pengecekan, lanjut Fahroni ditemukan adanya kenaikan harga beras di atas HET pemerintah.

"Tadi dilokasi memang kita temukan adanya kenaikan dikarenakan harga beli dari Cipinang sudah diatas Het pemerintah dan informasinya di Cipinang sedang perubahan pasca tanam sehingga terjadi stok menipis,"ungkapnya.

Ia juga menambahkan pihaknya akan terus melakukan pengecekan secara berkala bersama instansi dan stake holder terkait sehingga kesediaan bahan pokok di Babel aman.

Sementara itu, Analis perdagangan Ahli Muda Disperindag Babel Achmad Fajri mengatakan harga beras dipasaran secara nasional mengalami kenaikan.

"Beras naik ini secara nasional dan kita sebagai provinsi kepulauan, beberapa distributor beras kita selalu mengambil beras dari luar, di pasar Cipinang. Tingginya permintaan ini mereka sampai rebutan untuk stok,"katanya.

Ia mengatakan sejak pertengahan Januari 2023 harga beras premium sudah terjadi kenaikan sehingga beberapa distributor yang ada di Babel juga ikut menaikkan harga hingga ke tingkat pengecer. 

BACA JUGA:Sebanyak 3500 Paket Pangan Murah Disebar Untuk Warga Koba

"Di pertengahan Januari kemarin harga beras sudah di atas harga eceran tertinggi (HET) dan upaya yang kami lakukan adalah terus melakukan pemantauan harga dan stok agar tetap cukup," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: