Warga Gumbak Berhak Mendapatkan Akses Jalan Terbaik

Warga Gumbak Berhak Mendapatkan Akses Jalan Terbaik

Imam Mubarak --(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dusun Gumbak yang masuk dalam wilayah Desa Tepus, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) masuk dalam desa yang tertinggal. Jarak menuju dusun tersebut sekitar 10 - 12 Kilometer dengan akses yang benar - benar susah dilalui. Akses satu - satunya menuju dusun ini hanya melalui Desa Kelidang yang akses jalannya masih tanah merah yang ketika musim hujan biasanya sedikit banjir, becek dengan genangan air serta susah dilewati.

Dengan jarak tempuh yang lumayan jauh ini tentunya menjadi perhatian bagi Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) khususnya Pemerintah Kecamatan Airgegas, bagaimana warga Dusun Gumbak juga berhak memiliki akses yang sama seperti masyarakat lainnya.

Camat Airgegas Imam Mubarak mengatakan, sudah bertahun - tahun warga Dusun Gumbak susah akses jalannya, apalagi saat musim penghujan seperti ini semakin susah dilewati.

"Akses jalan ini susah dilewati, satu - satunya jalan adalah melewati Desa Kelidang dan itu butuh jarak tempuh sekitar hampir 1 jam hanya untuk ke Dusun tersebut" jelasnya, Rabu (24/01).

BACA JUGA:Meski Hujan, Mimbar Peradaban ke 5 Jalan Terus

BACA JUGA:Jalan Air Gegas - Bencah Terendam, Air Selutut

Ditegaskannya, masyarakat Dusun Gumbak berhak mendapatkan fasilitas seperti desa - desa lainnya di Kabupaten Basel, salah satunya yang diprioritaskan yakni pembangunan akses jalan serta pemberian fasilitas sarana dan prasaran umum.

Selain itu, tujuan pembangunan akses jalan ini juga sebagai pemangkas waktu jarak tempuh dan juga memudahkan masyarakat untuk menjual maupun memasarkan hasil dari perkebunan  warga setempat.

"Keseharian masyarakat ini rata - rata sebagai pekebun, jadi tentunya dengan akses jalan yang bagus maka memudahkan warga dalam meningkatkan pendapatan  ekonomi," jelasnya.

BACA JUGA:Musim Hujan Jalan Jadi Licin, Ini Himbauan Kasat Lantas Polres Basel

BACA JUGA:Jalan Berlubang di Nyelanding Diperbaiki Warga, Ini Respon Dinas PUPR Babel

Agar cepat terlaksananya akses jalan ini, pihaknya bekerjasama dengan TNI AD khusunya bersama Makodim 0432/Basel memanfaatkan program TNI yakni, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Melalui program ini Kolaborasi yang memang mempercepat akses jalan bagi warga Dusun Gumbak, terlebih lagi mereka juga siap menurunkan prajuritnya serta beberapa fasilitas pendukung untuk membuka akses jalan baru.

"Saya benar - benar berharap agar pembangunan akses jalan ini cepat terlaksana, karena warga Dusun Gumbak merupakan warganya juga, dan saya bertanggung jawab atas kesejahteraannya," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: