Sortir Selesai, Segini Total Surat Suara Rusak dan Kurang di Basel

Sortir Selesai, Segini Total Surat Suara Rusak dan Kurang di Basel

Muhidin --(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Proses pelipatan serta penyortiran surat suara (Susu) telah selesai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) selama 10 hari,  02 Januari - 12 Januari 2024.

Pada proses sortir tersebut didapati ratusan susu yang memang mengalami kerusakan atau tidak layak serta ratusan kekurangan susu dari pengiriman gudang Logistik KPU RI.

Ketua KPU Basel Muhidin mengatakan, proses lipat - sortir KPU Basel mendapati kekurangan susu yakni sebanyak 1.022 susu.

"Kekurangan ini sebanyak 1.022 susu yang terbagi 473 susu rusak dan 594 kekurangan susu dari pengiriman logistik," sebutnya, Minggu (14/01).

BACA JUGA:Segini Upah 130 Warga yang Melipat Surat Suara di KPU Basel

BACA JUGA:Untuk 555 TPS, KPU Basel Butuh 3.885 KPPS, Honor 1,1 Juta

Adapun kekurangan susu ini terdiri dari 23 susu pemilihan presiden dan wakil presiden dan 181 lembar susu untuk pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). Lalu 65 lembar susu pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) dan 127 lembar susu pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sedangkan susu yang rusak untuk pemilihan DPRD Kabupaten Basel ada 77 lembar dari empat daerah pemilihan (Dapil), dengan rinciannya 31 lembar susu dapil satu, 23 lembar dapil dua, tiga lembar dapil tiga dan 20 lembar di dapil empat. Sementara jumlah kekurangan kirim 594 susu.

"Terdiri dari 468 lembar susu untuk pemilihan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebanyak 82 lembar susu untuk pemilihan DPRD Kabupaten Basel, 33 lembar susu untuk dapil satu dan 48 lembar susu untuk dapil tiga," sebutnya.

"Namun, yang paling dominan kekurangan susu pada DPRD Provinsi yakni 468 lembar susu," tambahnya.

BACA JUGA:145 Orang Ikut Simulasi Pemilu KPU Basel

BACA JUGA:Wakapolres Tinjau Kantor KPU dan Bawaslu Basel

Dikatakan Muhidin, kekurangan susu ini langsung dimasukkan pada aplikasi Sistem Informasi Logistik (Silog), serta penggantian dan pemenuhan susu untuk DPRD provinsi akan dikirim oleh penyedia.

Kekurangan susu tersebut diperkirakan akan tiba pada pertengahan bulan ini, setelah sampai akan dilakukan sortir - lipat kembali, karena semua kebutuhan tersebut akan diajukan sesuai dengan data yang telah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: