Arsari Tambang PT MSP Uji Coba Rumpon Ikan Bata Api Guna Jaga Lingkungan Laut

Arsari Tambang PT MSP Uji Coba Rumpon Ikan Bata Api Guna Jaga Lingkungan Laut

Harwendo Adityo Dewanto --(Yudi)

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Arsari Tambang PT Mitra Stania Prima (MSP) berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan laut dan alam. Hal ini dibuktikan dengan melakukan uji coba pemanfaatan limbah bata api (fire brick) untuk menjadi terumbu karang atau rumah ikan (rumpon).

Rencananya, akhir Januari 2024 proyek uji coba ini akan dilaksanakan. Setidaknya akan ada tujuh unit rumpon ikan yang siap untuk disebarkan di titik pemasangan.

Direktur PT MSP Harwendro Adityo Dewanto mengatakan perusahaan memang sedari awal sudah menyatakan komitmen dan bersedia bertanggungjawab menjaga lingkungan alam pascaaktivitas pertambangan perusahaan.

Hal tersebut merupakan bagian dari standar operasional prosedur pertambangan yang baik dan benar sesuai peraturan yang berlaku. 

BACA JUGA:Arsari Tambang PT MSP Sejahterakan Masyarakat Lewat Program PPM

BACA JUGA:Reklamasi Laut, Arsari Tambang PT MSP Bakal Recovery Terumbu Karang Pakai Sisa Limbah Non B3

Konsekuensi itu, tidak hanya dijadikan sebagai teori yang hanya disampaikan dan tertulis semata. Perusahaan benar-benar ingin mengimplementasikan hal tersebut dalam wujud nyata.

Sejauh ini ada banyak langkah konkrit melalui program-program yang bertujuan untuk menjaga lingkungan sudah dilakukan perusahaan secara konsisten dan berkelanjutan.

“Isu memperbaiki dan menjaga lingkungan menjadi prioritas perusahaan. Pemanfaatan dengan mengelola limbah bata api menjadi sesuatu yang bermanafaat adalah satu pemikiran baik untuk lingkungan dan masyarakat,” kata Harwendro.  

BACA JUGA:Proper Emas KLHK Jadi Target Arsari Tambang PT MSP pada Tahun 2025

BACA JUGA:Arsari Tambang Sukses Rehabilitasi DAS Sungai Sembulan Kerakas

Harwendro memastikan semua program lingkungan yang dibuat perusahaan akan berdampak untuk kemaslahatan masyarakat.

Seperti bata api yang dikemas sedemikian rupa menjadi jangkar rumpon ikan tentunya akan melibatkan peran masyarakat khusus nelayan sekitar. Sehingga akan diperoleh manfaat yang dimulai dan dinikmati oleh masyarakat itu sendiri.

“Pastinya perusahaan akan menggandeng masyarakat khususnya nelayan. Harapannya, program ini bergulir dan memberi manfaat yang besar bagi siklus kehidupan dan ekonomi masyarakat,” papar Harwendro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: