Sepanjang 2023, Ada 220 Bencana Hantam Bangka Tengah dan 5 Nelayan Hilang

Sepanjang 2023, Ada 220 Bencana Hantam Bangka Tengah dan 5 Nelayan Hilang

Kepala BPBD Bangka Tengah, Yudhi Sabara--

BABELPOS.ID, KOBA - Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mencatat sepanjang tahun 2023 terdapat 220 kejadian bencana di Bangka Tengah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Tengah kepada babelpos.id pada Kamis, (11/1/2024).

"Dengan rincian 4 bencana banjir, 178 kasus karhutla, 15 bencana puting beliung, 9 kejadian kekeringan, 9 kasus kebakaran rumah, dan 5 orang nelayan hilang," ungkapnya.

Ia mengatakan sepanjang tahun 2023, total ada 220 kejadian bencana di 6 wilayah kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah.

BACA JUGA:Sambut Danlanud Baru, Pj Gubernur Safrizal: Mari Bersinergi Membangun Serumpun Sebalai

Menurutnya, kejadian bencana yang terjadi di wilayah Bangka Tengah sepanjang tahun 2023 kebanyakan berupa kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

"Karhutla ada 178 kejadian dengan rincian di Kecamatan Koba 156 kali, Lubuk Besar 5 kali, Simpang Katis 3 kali, Sungaiselan 2 kali, Namang 6 kali dan Pangkalan Baru 6 kali," tuturnya.

Ia menambahkan, untuk 9 kasus kejadian kekeringan berimbas pada 10 Desa di Bangka Tengah dan 15 bencana puting beliung menghamtam 13 Dusun/Desa/Kelurahan. 

"Sedangkan untuk banjir ada 4 kejadian yang menghantam Jalan Aik Cauyan, Kelurahan Simpang Jongkong, Desa Perlang dan Desa Beruas," ujarnya.

BACA JUGA:Ditektur RSUD Abu Hanifah Sebut Miliki SDM Lengkap, Terakreditasi Paripurna Hingga 20 Dokter Spesialis

"Kemudian untuk 9 kasus kebakaran rumah berdampak pada 7 Desa dan 5 orang nelayan hilang ini, ada di Desa Kurau Barat, Desa Lubuk Besar, Pasar Pagi Dermaga Sungai Selan, Perairan Gelasa dan Pantai Beriket," ujarnya.

"Mohon untuk warga lebih waspada menghadapi cuaca tahun 2024, seperti angin kencang dan panas kering, jangan membakar sembarangan ataupun cari tempat berteduh yang aman, ketika musim penghujan tiba," imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: