Kasus Pencabulan Sepanjang 2023 Jadi Atensi Kapolres Basel

Kasus Pencabulan Sepanjang 2023 Jadi Atensi Kapolres Basel

AKBP Toni Sarjaka --(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Kasus pelecehan seksual hingga pencabulan terhadap anak dibawah umur menjadi atensi tersendiri bagi Polda Bangka Belitung yang khususnya Polres Bangka Selatan (Basel).

Yang semakin mengkhawatirkan, para pelaku ini rata - rata adalah orang dekat para korban.

"Kasus pelecehan seksual ataupun pencabulan menjadi atensi tersendiri jajaran kepolisian baik tingkat Polres maupun Polda. Pasalnya dalam kasus ini kebanyakan korban adalah anak - anak dibawah umur dan para pelaku adalah kebanyakan orang terdekat para korban," ujar )apolres Basel AKBP Tony Sarjaka, Jum'at (29/12).

BACA JUGA:Kepincut dan cabuli Cewek ABG, Pak Kumis Di Sel

BACA JUGA:Ayah Bejat! Imingi HP, Anak Sendiri Dicabuli

Disebutkan Kapolres, kasus persetubuhan anak di bawah umur mengalami tren penurunan satu kasus pada tahun 2023. Jika zepanjang tahun 2022 jumlah tindak pidana ada 6 kasus dengan yang terselesaikan sebanyak 5 kasus dengan persentase 83,3 persen.  Sedangkan pada tahun 2023 terjadi 5 kasus kali dan telah diselesaikan semuanya.

Sementara itu, untuk kasus pencabulan mengalami peningkatan 1 kasus, menjadi 4 kasus di tahun 2023. Sementara pada tahun 2022 sebanyak 3 kasus. Semua kasus sudah diselesaikan oleh Polres Basel, para pelaku yang sudah diamankan.

"Dari 9 kasus di tahun 2023 tersebut, para pelaku rata - rata berusia di atas 18 tahun dan ada 1 pelaku yang berusia di bawah 16 tahun," sebutnya.

"Adapun para pelaku ini banyak sekali modusnya, mulai dari ancaman, rayuan bahkan dengan paksaan juga ada," imbuhnya.

BACA JUGA:Perkara Pencabulan Dua Bocah di Tempilang Segera Dilimpahkan ke Jaksa

BACA JUGA:Anaknya Sedang Tidur Merintih, Diintip Ibunya, Ternyata Dicabuli Ayah Tiri

Yang menggembirakan,  tidak ada kasus kekerasan pada anak terjadi di Basel sepanjang tahun 2023 ini. Sementara kasus kekerasan dalam rumah tangga terjadi 4 kasus yang semuanya sudah terselesaikan 100 persen.

"Mengingat tingginya kasus baik pencabulan atau persetubuhan anak dibawah umur ini, saya menghimbau kepada orang tua agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap anaknya, dipantau terus pergaulannya serta penggunaan gadget di jaman serba digital ini juga harus diperhatikan," pesannya. (*)

BACA JUGA:Kakek Cabul di Basel Divonis 15 Tahun Penjara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: