Simulasi Pemilu, Ini Temuan KPU Bangka

Simulasi Pemilu, Ini Temuan KPU Bangka

Simulasi pencoblosan suara yang digelar KPU Bangka.--(Yudi)

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Simulasi pemungutan dan perhitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka berhasil memberikan gambaran umum suasana hari pencoblosan Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang.

Jali, salah seorang Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang mengikuti simulasi di gedung Wanita Sungailiat Minggu 24 Desember 2023, mengaku simulasi sangat bermanfaat bagi mereka sebagai penyelenggara pemungutan suara nanti. Dari simulasi ia mendapat gambaran situasi sebenarnya saat bertugas di TPS nantinya.

"Alhamdulillah kita bisa ikut simulasi ini. Kita jadi dapat gambaran utuh bagaimana dari proses pendaftaran, mereka menunggu diberikan surat suara lalu mencoblos sampai dengan selesainya penghitungan suara, bagaimana kita menyelesaikan masalah yang terjadi," kata Jali.

BACA JUGA:Bersama Media Massa, KPU Bangka Jalin Sinergitas Sukseskan Pemilu 2024

BACA JUGA:KPU Bangka Terima 1.196.139 Surat Suara

Kegiatan simulasi dihadiri Ketua KPU Bangka, Sinarto, Anggota Divisi Teknis, Redi Citra, Divisi Data dan Informasi, Zulkipli, Divisi Hukum dan Pengawasan, Eko Iswantoro serta para PPK, PPS, perwakilan Parpol, media dan pegawai KPU Kabupaten Bangka.

Eko Iswantoro menjelaskan simulasi bertujuan memberikan gambaran proses pemungutan suara dan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk pelaksanaan penghitungan suara di TPS nanti. 

Pelaksanaan simulasi pemungutan suara dimulai dari pukul 07.00 wib sampai pukul 13.00 wib sedangkan untuk penghitungan suara dimulai pada pukul 13.00 wib sampai selesai. 

BACA JUGA:KPU Bangka Ajak Media Sinergi Sukseskan Pemilu 2024

BACA JUGA:Siang Ini, Komisioner KPU Bangka dan Pangkalpinang Dilantik di Jakarta

Dijelaskannya, simulasi merupakan salah satu penunjang untuk melihat bagaimana kesiapan serta pemahaman dari masing-masing anggota PPK dan PPS dalam proses pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di pemilu mendatang.

"Oleh karena itu dituntut partisipasi aktif dari jajaran badan adhoc KPU Kabupaten Bangka untuk ikut dalam kegiatan ini," ujar Eko.

BACA JUGA:Ini 5 Komisioner KPU Bangka dan Pangkalpinang Terpilih

BACA JUGA:Kotak dan Bilik Suara Sudah Diterima, KPU Bangka Masih Menunggu Logistik Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: