Peralihan Musim, Waspada Penyakit Ini

Peralihan Musim, Waspada Penyakit Ini

Dr. Helen Sukendy--(Ilham)

BABELPOS.ID, PAYUNG - Peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan biasanya menyebabkan daya tahan tubuh menurun yang menyebabkan masyarakat mudah sakit. 

Karena itu Direktur Rumah Sakit Kriopanting Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dr. Helen Sukendy mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan menerapkan pola hidup sehat. 

"Kita sudah memasuki musim peralihan dari kemarau ke penghujan, sehingga memang biasanya daya tahan tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit," ujarnya. 

BACA JUGA:RSUD Basel Siapkan Layanan untuk Caleg Depresi

Disebutkannya, penyakit yang menjadi ancaman saat memasuki peralihan musim ini antara lain, demam berdarah dengue (DBD), infeksi saluran pernapasan akut (Ispa), dan penyakit gangguan pencernaan.

RSUD Kriopanting sendiri mengalami peningkatan pasien penyakit demam, diabetes dan gangguan pencernaan. Namun di pergantian musim penyakit yang paling dominan ditangani adalah gangguan pencernaan.

"Di musim peralihan ini penyakit yang jadi ancaman seperti DBD, Ispa dan yang paling dominan rata - rata gangguan pencernaan," sebutnya.

BACA JUGA:Proses Reakreditasi RSUD Basel Selesai, Rudi: Tingkatkan Mutu Pelayanan dan Keselamatan Pasien

Dikatakan dr. Helen Sukendy berdasarkan data gabungan dari pasien yang rawat inap, rawat jalan, dan pasien ICU, RSUD Kriopanting telah menangani pasien kurang lebih 30 hingga 50 pasien per harinya, dengan berbagai macam jenis penyakit yang berbeda.

Karena itu ia mengajak masyarakat agar selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Kalau bisa ketika kita sedang Ispa dan berada di perkumpulan banyak orang alangkah baiknya gunakanlah masker, begitu juga pastinya jentik-jentik nyamuk juga banyak, mari terapkan program 3M Plus untuk mencegah penyebaran DBD," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Kini Pendaftaran Berobat Hingga Cek Dokter di RSUD Toboali Bisa Melalui Aplikasi SIM RS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: