PT Timah Tbk Lakukan Restocking Kepiting di Pulau Kundur

PT Timah Tbk Lakukan Restocking Kepiting di Pulau Kundur

Restocking Kepiting di kundur oleh PT Timah Tbk, Wujud pelestarian dan berikan dampak perekonomian bagi nelayan setempat.--

//Lestarikan Ekosistem Pesisir dan Berikan Dampak Ekonomi Bagi Nelayan

BABELPOS.ID, KUNDUR - PT Timah Tbk melalui Unit Produksi Kundur melakukan restocking kepiting sebagai upaya pelestarian populasi kepiting dan menggairahkan perekonomian masyarakat.

Inisiatif restocking kepiting yang dilakukan PT Timah ini melibatkan kerja sama dengan kelompok nelayan lokal di wilayah operasional perusahaan. Hal ini memastikan populasi kepiting yang dilepasliarkan dapat berkembang pesat, memberikan manfaat bagi ekosistem dan masyarakat lokal.

Selain untuk melestarikan populasi kepiting di habitat aslinya, restocking kepiting yang dilakukan PT Timah merupakan wujud tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan. 

Pada tahun 2023, sebagai anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, PT Timah Tbk melakukan restocking kepiting dengan lebih dari seribu kepiting dilepasliarkan di kawasan sekitar Pantai Pongkar.

Masyarakat nelayan setempat telah merasakan dampak positif dari inisiatif restocking kepiting yang dilakukan PT Timah. 

H. Idrus, Ketua Nelayan Desa Gemuruh, menyebutkan populasi kepiting di habitat aslinya semakin langka dan sulit ditemukan.

BACA JUGA:Dilantik jadi Ketua Karang Taruna Desa Rukam, Topandra Ingin Perubahan Lebih Baik

“Kami sebagai nelayan menyadari betul bahwa populasi rajungan di laut kini sangat terbatas dan sulit didapat. Harapannya, upaya restocking rajungan yang dilakukan PT Timah ini dapat membantu memulihkan populasi rajungan di habitat aslinya, sehingga berkontribusi terhadap kesejahteraan ekonomi nelayan. komunitas nelayan setempat,” ujarnya, Kamis (21/12/2023). 

Senada dengan itu, Amran, nelayan Desa Sawang Laut, mengungkapkan kebahagiaannya atas kegiatan restocking rajungan yang dilakukan PT Timah, seraya menekankan manfaat langsungnya bagi masyarakat nelayan dan lingkungan.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini karena pada akhirnya kami para nelayan juga akan merasakan hasilnya. Dengan melimpahnya rajungan, niscaya pendapatan kami akan meningkat,” ujarnya.

BACA JUGA:Kepincut dan cabuli Cewek ABG, Pak Kumis Di Sel

Yusufian, Camat Kundur Barat, mengapresiasi PT Timah yang secara konsisten dan berkelanjutan menerapkan program pengelolaan lingkungan dengan fokus pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“PT Timah Tbk kerap melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan, antara lain penanaman bakau, pengendalian erosi, dan kini restocking kepiting. Dengan lebih dari seribu bibit kepiting yang dilepas perusahaan, jika berhasil berkembang biak, tentunya akan membantu perekonomian nelayan setempat,” dia telah menyatakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: