Peringatan Hakordia, Kepsek serta Komite SMPN di Basel Ikuti Sosialisasi Antikorupsi

Peringatan Hakordia, Kepsek serta Komite SMPN di Basel Ikuti Sosialisasi Antikorupsi

Sosialisasi Anti Korupsi memperingati Hakordia di Bangka Selatan.--(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dalam rangka memperingati hari antikorupsi sedunia (Hakordia), Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan (Basel) menggelar sosialisasi kepada seluruh Kepala Sekolah dan Komite SMPN se Basel dalam pencegahan tindak pidana korupsi (Tipikor) di ruang pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Basel, Senin (11/12).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi Pidsus Kejari Basel, Zulkarnain Harahap, Kasi Datun, Al Putra, Kasi Barang Bukti (BB), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Basel, Elfan Rulyadi, Plt Kepala Kesbangpol Basel, Evi Sastra, Ketua MKKS Basel, Asril Simba serta seluruh Kepsek SMPN dan Komite se Basel.

Kasi Pidsus Kejari Basel Zulkarnain Harahap mengatakan, kegiatan ini terlaksana setelah bekerjasama dengan Kesbangpol dan peringatan Hakordia 2023.

"Kegiatan ini juga sebagai memperingati Hakordia 2023 serta sosialisasi kepada Kepsek, Komite SMPN se Basel tentang perbedaan pungutan dan sumbangan," ungkapnya.

BACA JUGA:Hanya 5 Desa yang Ikut Lomba Karya Tulis Ilmiah Strategi Pencegahan Korupsi

"Banyak pengertian yang kita berikan kepada para Kepsek maupun Komite ini, mulai dari pungutan yang tidak diperbolehkan serta sumbangan boleh tetapi bersifat tidak ada paksaan," tambahnya.

Dikatakannya Zulkarnain, pada kegiatan ini pihaknya berharap agar para Kepsek bisa terhindar dari yang sifatnya menimbulkan korupsi sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi tidak terganggu.

"Mudah - mudahan setelah kegiatan sosialisasi ini kita berharap kepada pihak kepsek maupun komite bisa terhindar dari namanya korupsi, karena terkadang kita menganggap itu biasa saja tetapi ternyata masuk dalam unsur korupsi," tegasnya.

BACA JUGA:Rian & Jansen Jadi Terdakwa Korupsi DAK Fisik Sekolah di Basel

Sementara itu, Kepala Dindikbud Basel Elfan Rulyadi menyampaikan, terima kasih kepada Kejari Basel telah memberikan sosialisasi kepada Kepsek dan Komite SMPN se Basel.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat, agar kita bisa tahu mana yang masuk unsur korupsi atau pun tidak," tuturnya.

Kegiatan ini juga sebenarnya sebagai peringatan Hakordia 2023 dan langkah yang tepat dengan menggandeng Kejari Basel dalam memberikan sosialisasi terkait apa - apa saja yang masuk unsur korupsi maupun tidak masuk korupsi.

"Yah seperti kita ketahui, benar kata Kasi Pidsus tadi bahwa terkadang kita menganggapnya biasa saja tetapi setelah diperiksa ternyata masuk dalam unsur korupsi," sebutnya.

"Semoga seluruh Kepsek dan Komite se Basel lebih teliti lagi dalam pekerjaannya serta berhati hati, karena kita semua menginginkan pekerjaan kita hasilnya baik tanpa ada unsur apapun," imbuh Elfan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: