Diskominfotik Bangka Perkenalkan Aplikasi SP4AN Lapor

Diskominfotik Bangka Perkenalkan Aplikasi SP4AN Lapor

Sosialisasi aplikasi SP4AN Lapor Diskominfotik Bangka.--Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Bangka, memperkenalkan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4AN) layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (Lapor) kepada sejumlah admin di organisasi perangkat daerah (OPD).

"Perlu dikenalkan aplikasi SP4AN Lapor kepada pegawai guna peningkatan pelayanan publik karena dimungkinkan ada admin yang baru masuk ke OPD yang belum mengenal pelayanan berbasis aplikasi ini," kata Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Kominfotik Bangka, Fachrobi di Sungailiat, Selasa (5/12).

Dia berharap dengan dikenalkan aplikasi SP4AN Lapor, dapat diterapkan di masing - masing OPD karena aplikasi ini terbilang sudah cukup lama sehingga pula pelayanan ke masyarakat dapat lebih meningkat.

"Jumlah admin aplikasi SP4AN di Kabupaten Bangka terdata sebanyak 87 orang dengan jumlah laporan yang masuk terhitung dari 1 Januari sampai 27 November 2023 sebanyak 29 laporan," jelas dia.

BACA JUGA:Lewat Aplikasi RMC, Pemkab Bangka Tingkatkan Pemeliharaan Alkes

BACA JUGA:Aplikasi Srikandi Wajib Dimiliki Setiap OPD

Dari puluhan laporan yang masuh tersebut melalui aplikasi itu, diketahui sedang dalam proses tindak lanjut tujuh laporan dan laporan yang sudah selesai sebanyak 22 laporan.

Aplikasi SP4AN bertujuan supaya penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan, meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penyelenggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinasi dengan baik.

Pejabat Pelaksana Tugas Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Perekonomian, Rudiansyah mengatakan SPA4N Lapor memiliki kedudukan yang sangat penting. Karena memiliki urgensi yang merupakan hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan berkualitas dan juga sebagai bahan evaluasi dan klarifikasi bagi penyelenggaraan untuk memulihkan ketidakpuasan.

"Kita tidak  pernah mengetahui segala kelemahan serta kekurangan pelayanan publik yang kita berikan tanpa adanya kritik, saran, gagasan serta masukan maupun aduan dari masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Perangkat Desa Se Bangka Bimtek Aplikasi Siskeudes Terbaru Versi 2.05

BACA JUGA:Aplikasi SISWASKUEDES Diluncurkan, APBDes Bangka Bisa Dipantau Online

Karena itu kata Rudiansyah, adua dari masyarakat menjadi acuan pemerintah daerah melakukan "Profiling customer", supaya mengetahui kebutuhan masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: