Kejagung Periksa Direktur Keuangan PT Timah Tbk

Kejagung Periksa Direktur Keuangan PT Timah Tbk

Gedung Bundar Kejagung RI--

BABELPOS.ID.- Kejaksaan Agung (Kejagung) melalui Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jam Pidsus) kembali melakukan pemeriksaan saksi-saksi terkait dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) dalam pengelolaan tata niaga komoditas timah di PT Timah Tbk kurun waktu tahun 2015-2019.

Sama dengan pekan lalu, pekan ini pemeriksaan juga dari kalangan pejabat perusahaan yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.  Ada 3 pejabat yang diperiksa, bahkan salah satunya adalah Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko PT Timah yang sekarang, Fina Eliani (FE).  

BACA JUGA:AS 3 Kali Diperiksa Kejagung, Kepala Divisi Akuntansi PT Timah Era Dirut Riza Pahlevi?

Fina Eliani sendiri memangku posisi sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 

PT Timah Tbk 24 Mei 2022 menggantikan Krisna Sjarif.  

Di jajaran direksi, Fina Eliani adalah satu-satunya direksi yang tidak berganti dalam RUPS PT Timah Tbk pada 15 Juni 2023 lalu.  Saat itu, Ahmad Dani Virsal ditunjuk sebagai Dirut menggantikan Achmad Ardianto, lalu beberapa direktur juga berganti, kecuali Direktur Keuangan, tetap Fina Eliani.

BACA JUGA: Kejagung untuk Ketiga Kalinya Periksa Kepala Divisi Akuntansi PT Timah

Meski Fina Eliani belum 2 tahun berada di posisi direksi, namun dari hasil penelusuran BABELPOS.ID.-  karir Fina Eliani di PT Timah sejak tahun 2005 dengan posisi yang pernah didudukinya masing-masing Kepala Divisi Manajemen Akuntansi (2009-2012), Kepala Divisi Pengembangan Usaha (2018-2019), dan Kepala Divisi Akuntansi (2019-2022).  

Selain Fina Eliani, juga dimintai keterangan selaku saksi adalah AU selaku Kepala Divisi Keuangan PT Timah Tbk dan AA selaku Kepala Bidang Sekretariat Unit Produksi Laut Bangka PT Timah Tbk. 

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI, Ketut Sumedana menyatakan, pemeriksaan saksi untuk mendalami dugaan Tipikor pengelolaan tata niaga timah.

BACA JUGA:Tipikor Timah, Apakah Kejagung akan Panggil Mantan Dirut dan Mantan Gubernur Babel?

Dengan pemeriksaan 3 orang ini, berarti sama dengan pekan lalu, pemeriksaan saat ini ditekankan pada para petinggi PT Timah Tbk.  Lebih-lebih pada bagian keuangan, seperti AS selaku Kepala Divisi Akuntansi PT Timah Tbk menjalani pemeriksaan hingga 3 hari berturut-turut.

Dengan pemeriksaan ini, berarti dalam 2 pekan terakhir belum ada lagi pemeriksaan di jajaran Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).(red)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: