DKP dan Komisi II DPRD Provinsi Perkuat Peran Kelompok Masyarakat Pengawas

DKP dan Komisi II DPRD Provinsi Perkuat Peran Kelompok Masyarakat Pengawas

--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bersama Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pembinaan terkait penguatan peran Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) di ruang pertemuan PPN Sungailiat, Jumat (1/12/2023). 

Dalam kegiatan ini juga dibagikan lima puluh life jacket  kepada nelayan anggota kelompok masyarakat pengawas yang ada di Kabupaten Bangka.

BACA JUGA:Kepala Perwakilan Ombudsman RI Inginkan Sinergitas dan Kinerja Pelayanan Publik di Kepulauan Babel Meningkat

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Agus Suryadi menerangkan, kegiatan ini sebagian dari upaya Provinsi Bangka Belitung untuk memperkuat peran masyarakat dalam membantu pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan. 

"Sebagai provinsi Kepulauan dengan luas laut mencapai 65.300 km persegi atau 80 persen dari total luas wilayah Provinsi tentunya sistem pengawasan berbasis masyarakat perlu kita tingkatkan," ujar Agus.

BACA JUGA:PH Tegaskan Kakek Akup Korban, Dibohongi Menantu dan Rudi Kurniawan

Ia menambahkan, penguatan pengawasan berbasis masyarakat juga selaras dengan prinsip blue economy dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dimana kementerian menargetkan 30 persen peningkatan kawasan konservasi serta mendukung upaya pemerintah menjamin ketersediaan sumberdaya kelautan dan perikanan.

BACA JUGA:BSI Optimalkan Kantor Cabang Dubai, Perkuat Kemitraan Strategis dengan Uni Emirat Arab

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Agung Setiawan mengapresiasi nelayan yang tergabung dalam anggota kelompok pengawas. 

"Kita punya provinsi lautnya luas sekali sehingga tidak mungkin hanya mengandalkan pemerintah untuk mengawasinya jadi ketika bapak bapak melaut ada yang pakai alat tangkap merusak atau ada hal ilegal lainnya segera berkoordinasi dengan dinas," ujar Agung.

BACA JUGA:PT Timah Tbk Hadirkan Replika Balon Udara, Tambah Spot Foto di Bukit Samak Belitung Timur

Senada dengan Agung, Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ranto Sendhu meminta partisipasi aktif anggota kelompok pengawas. "Beberapa hal yang jangan sampai bapak lakukan adalah melakukan pembiaran terhadap suatu pelanggaran kalau melihatnya terutama di wilayah kerja Pokmaswas, intinya rajin koordinasi," tegas Ranto Sendhu.

Sementara itu Ketua POKMASWAS Bukit Batu Kuala, Budi Triono menyebutkan dirinya beserta anggota kelompoknya sangat senang ikut membantu mengawasi perairan Bangka Belitung. "Ini kerja sosial tapi kami sebagai nelayan tulus, senang bisa ikut menjaga perairan pesisir laut yang ada di wilayah kami dari berbagai gangguan," ujar nelayan yang kerap disapa Pak Budi ini. 

BACA JUGA:20 Tahun Jalani Bisnis Toko Kelontong, Jumirah Besyukur Usahanya Bisa Maju Usai Jadi Mitra Binaan PT Timah Tbk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: