Sudah Dua Minggu Harga Cabai Semakin Pedas

Sudah Dua Minggu Harga Cabai Semakin Pedas

--

MENTOK - Harga cabai rawit di Pasar Rakyat Mentok, Kabupaten Bangka Barat, mencapai Rp140 hingga Rp150 ribu per kilogram. Sedangkan cabai besar mencapai Rp90 ribu, per Kg, pada Jumat (24/11/2023).

Kenaikan harga cabai tersebut sangat dirasakan ibu rumah tangga di Kecamatan Mentok, dan terpaksa harus mengurangi konsumsi cabai, hingga harga kembali normal di angka Rp. 50 ribu perkilogram.

"Cabai kecil 140 satu ons, sudah jauh naik belipat ganda, biasanya cuma 50 ribu. Ya bisa-bisa lah kalau ibu rumah tangga ni, berat lah kita dengan harga segini," kata salah satu pembeli, Sukmala (43).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh pembeli lain, Sumiati (50) yang harus mengurangi konsumsi cabai dan ia berharap harga kembali normal, supaya tidak memberatkan beban belanja.

"Cabe beli disana tadi 140 satu ons, jadi kalau satu kilo 140 ribu. Ya sudah sangat berat lah, susah, pening orang dapur ini, beras mahal ape mahal. Biasanya 50 ribu sekarang 150 ribu, paling murah 140 ribu sekilo," katanya.

"Sekarang terpaksa mengurangi, biasa beli 1 ons, ini beli setengah ons. Pengennya turun harga seperti harga awal, normal. Soalnya sekarang nyari duit susah, apa-apa mahal. Susah kita ibu rumah tangga ini," sambungnya.

Joni salah satu pedagang di Pasar Rakyat Mentok mengatakan, sudah sekitar dua minggu terrakhir ini harga cabai naik.

"Karena disini barang nggak ada. Ini banyak datang dari jawa. Ini cabe luar 130 perkilo, cabe lokal yang mahal, 150 sampai 160. Cabe besar 90, naik juga. Hari ini, kalau besok mungkin naik lagi, kalau normal biasa cuma 50," kata Joni.

Kenaikan harga yang mencapai 200 persen itu belum diketahui hingga kapan, lantaran masih tergantung stok cabai yang didatangkan dari luar pulau Bangka Belitung.

"Nggak tau sampai kapan, ini kalau besok nggak masuk, bisa berubah lagi harganya. Ini bawang merah dan bawang putih juga mengalami kenaikan 5 ribu, dari harga 30 mejadi 35 ribu," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: