Listrik Bangka, BPJ Minta Dirut PLN Audit Konstruksi Kenten-Tanjung Api-Api

Listrik Bangka, BPJ Minta Dirut PLN Audit Konstruksi Kenten-Tanjung Api-Api

BPJ Saat RDP dengan Dirut PLN di Komisi VII DPR RI.--

BABELPOS.ID.- Anggota DPR RI dari Komisi VII, Dapil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Bambang Patijaya yang akrab disapa BPJ kembali bersuara lantang soal listrik di Pulau Bangka.  Hal ini terkait dengan pemadaman yang terjadi baru-baru ini akibat kontruksi di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) karena faktor cuaca.

''Persoalan listrik di Pulau Bangka itu dengan 2 kali kejadian disebabkan oleh hal yang sama, yaitu persoalan tower yang ada di Kenten-Tanjung Api-Api (Sumatera Selatan).  Dan ini bisa dilokalisir persoalannya agar tidak terjadi lagi,'' ujar Ketua DPD Partai Golkar Babel itu dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan jajaran Kementerian Energi Sumber Daya Mieneral (ESDM) RI serta beberapa mitra termasuk dihadiri Dirut PLN, Darmawan Prasodjo pada 15 November 2023, di DPR RI, Jakarta.

BACA JUGA:Gandeng BRIN, BPJ Dorong UMKM Belitung Terus Berkembang dan Maju

Hal yang ditekankan BPJ adalah, agar Dirut PLN mengecek bila perlu mengaudit lebih jauh konstruksi yang ada di wilayah tersebut, apakah memang memenuhi syarat atau tidak.  

''Karena kejadian yang sama juga sudah terjadi sebelumnya yaitu Maret 2023. Baru beberapa bulan terjadi lagi.  Padahal, konstruksi tersebut belum lama.  Sehingga perlu pengecekan menyeluruh agar tidak terulang lagi,'' ujar BPJ lagi.

Ini penting menurut BPJ, karena sekali lagi, lokalisir masalahnya ternyata ada di lokasi yang sama.  

''Mohon Pak Dirut PLN untuk mengaudit konstruksi wilayah itu, arena kasihan pejabat PLN yang akhirnya harus menanggung akibatnya,'' ujar BPJ yang memang berlatar belakang pengusha ini.

BACA JUGA:Tiga Tower Emergency Rampung, PLN Berhasil Pulihkan 100 % Kelistrikan Bangka Lebih Cepat

Apa yang dikemukakan BPJ ini, terkait musibah pemadaman bergilir yang sempat terjadi di Pulau Bangka sebagai akibat gangguan di Jalur transmisi Kenten - Tanjung Api-api akibat cuaca ekstrim yang menyebabkan putusnya arus listrik dari Sumatera ke Pulau Bangka yang terjadi pada Sabtu (12/11/2023) sekira pukul 16.12 WIB. 

Hal yang sama juga pernah terjadi Maret 2023 lalu, yaitu adanya tower yang roboh Kenten - Tanjung Api-Api, Sumatra Selatan.(red)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: