Pemkab Babar Susun Rencana Awal RPJPD 20 Tahun ke Depan

Pemkab Babar Susun Rencana Awal RPJPD 20 Tahun ke Depan

--

MENTOK - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menggelar kegiatan forum konsultasi publik penyusunan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bangka Barat tahun 2025-2045. 

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengatakan penyusunan RPJPD ini disesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

"Sehubungan dengan berakhirnya RPJPD Kabupaten Bangka Barat tahun 2005-2025, maka pemerintah daerah diwajibkan untuk menyusun rencana awal RPJPD hingga 20 tahun ke depan," ujar Bong Ming Ming, Rabu (22/11/2023). 

Bong Ming Ming mengatakan dalam penyusunan RPJPD ini pihaknya berkolaborasi dengan sejumlah pihak. 

Mulai dari Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Badan Pembangunan Daerah Bangka Belitung, sejumlah perwakilan kampus yang ada di Bangka Belitung, perwakilan lembaga perempuan, lembaga adat, tokoh masyarakat dan lain sebagainya. 

"Untuk menghasilkan perencanaan yang baik dan terukur dalam penyusunannya, pemerintah Kabupaten Bangka Barat berkolaborasi dengan sejumlah pihak. Pelaksanaan forum konsultasi ini diharapkan dapat masukan yang penting dari pihak yang hadir," tuturnya. 

Bong Ming Ming menyampaikan berdasarkan pada permasalahan pokok pembangunan serta memperhatikan isu strategis yang ada, maka pemerintah Kabupaten Bangka Barat mengusung visi Bangka Barat "Bermartabat" Tahun 2045. Itu merupakan akronim dari kata Berdaya, Makmur, Tangguh dan Berkelanjutan. 

"Mewujudkan pemerintah yang cerdas, ketahanan sosial dan budaya. Kemudian mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya mewujudkan ekonomi yang tangguh dan pembangunan serta mewujudkan lingkungan hidup yang lestari," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: