Puluhan Penggiat UMKM Ikuti Bimtek Perizinan dari DPMPTSP

Puluhan Penggiat UMKM Ikuti Bimtek Perizinan dari DPMPTSP

UMKM peserta pelatihan perizinan yang digelar DPMPTSP Basel --Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Guna mempercepat perputaran ekonomi di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) puluhan penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kecamatan Tukak - Sadai diberi bimbingan teknis (Bimtek) terkait perizinan yang di selenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada penggiat UMKM cara mengurus perizinan berusaha.

Plt DPMPTSP Basel Kartika Sari menyampaikan, kegiatan ini memberikan kemudahan sekaligus pengetahuan kepada para pelaku UMKM dalam mendapatkan perizinan berusaha.

"Kami mendorong kepada penggiat UMKM sekaligus memberikan cara dalam mengurus perizinan bagi usahanya," ucapnya, Kamis (16/11).

BACA JUGA:Inovasi Diskominfo Basel, Puluhan UMKM Difasilitasi Terindex Google Maps

BACA JUGA:Puluhan UMKM Padati Kawasan Himpang 5 Toboali

Salah satu kemudahan dalam mengurus perizinan dalam berusaha yakni dengan sistem aplikasi Online Single Submission (OSS), cukup dengan handphone para penggiat UMKM bisa mendapatkan surat izin.

Selain itu, melalui OSS ini juga tidak perlu repot - repot datang ke kantor DPMPTSP untuk mengurus perizinan, karena melalui OSS para penggiat sudah bisa mendapatkan izin berusaha.

"Kita sudah bisa secara online dalam mengurus izin berusaha, jadi memang lebih mudah serta efisien," terangnya.

BACA JUGA:Beri Tambahan Modal Bukti Rudianto Tjen Ingin UMKM Lokal Bergerak

BACA JUGA:Pawai HUT RI, Pelaku UMKM Ketiban Rezeki

Sejauh ini tingkat kepatuhan dan kewajiban para pelaku usaha di wilayah Basel dalam melaporkan izin usahanya sudah baik, ini juga berkat dorongan DPMPTSP mengajak masyarakat maupun para pelaku usaha untuk membuat izin usaha terutama dengan membuka layanan penerbitan NIB melalui OSS.

"Apabila sudah mangantongi izin berusaha tentunya legalitas usahanya jelas, mempermudah mengurus kredit KUR, urusan perbankan serta mengembangkan usahanya dalam pengadaan barang dan jasa dari pemerintah daerah," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Kunjungan Wisatawan Meningkat Hingga 75 Persen, Firmansyah: Baik Bagi UMKM Basel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: