Pengabdian Masyarakat, Dosen UBB Beri Wawasan Pemantapan Nilai Kebangsaan Bagi Siswa SMAN 1 Bakam

Pengabdian Masyarakat, Dosen UBB Beri Wawasan Pemantapan Nilai Kebangsaan Bagi Siswa SMAN 1 Bakam

Salah satu kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi pelajar oleh Dosen UBB.--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Universitas Bangka Belitung (UBB) kembali melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan skema Pengabdian Masyarakat Tingkat Jurusan ke SMAN 1 Bakam, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, yang dimulai pada April hingga Oktober 2023.

Program yang dinamai "Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Bagi Pelajar" terdiri dari Ketua Tim yakni Dr Rio Armanda Agustian, yang beranggotakan Dr Sigit Nugroho dan Toni, S.H., M.H yang bertujuan guna meningkatkan kesadaran siswa/siswi dalam mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila serta meredam berkembangnya fanatisme kesukuan dan kedaerahan dalam lingkungan masyarakat yang multikutur.

Di samping itu, tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk mencegah terjadinya disintegrasi bangsa serta siswa/siswi SMAN 1 Bakam sebagai generasi penerus pembangunan bangsa, tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Hal itu dapat diwujudkan dalam bentuk menjaga jati diri bangsa dan mengembangkan perilaku yang mencerminkan budaya-budaya Indonesia. Selain itu, sikap dan tindakan-tindakan yang berdasar pada konsep wawasan kebangsaan perlu ditanamkan dengan baik dan dinamis dalam kehidupan sehari-hari," ujar Rio lewat siaran pers yang diterima Babel Pos, Kamis (9/11).

BACA JUGA:Gadis Ini Jadi Wisudawati Terbaik UBB, IPK 3,90

BACA JUGA:Pagi Ini 471 Mahasiwa UBB Diwisuda, Ini Harapan Rektor Ibrahim

Rio menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 1 Bakam dengan beberapa pertemuan seperti kunjungan atau survey awal lokasi pengabdian dan bertemu pihak sekolah, lalu pemberian materi pertama oleh Bapak Toni, S.H., M.H tentang Pentingnya Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, serta pemberian materi kedua oleh Dr Rio Armanda Agustian tentang Penerapan Nilai-nilai Pancasila dan Praktek Kepemimpinan Pancasila di sekolah.

Kemudian, pemberian materi ketiga oleh Dr Sigit Nugroho tentang Pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual bagi pelajar dihubungkan dengan nilai-nilai Pancasila. Selanjutnya dipertemuan selanjutnya akan dilaksanakan penandatangan kerjasama antara Fakultas Hukum UBB dengan pihak SMAN 1 Bakam untuk kelanjutan pengabdian pada masyarakat ini tetap berlanjut.

"Alhamdulilah kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik seperti penyambutan dalam pelaksanaannya di lapangan. Selama pelaksanaan, metode pemaparan materi oleh narasumber dan dilanjutkan diskusi secara tersistem agar dapat dihasilkan output per pertemuan," ungkap Rio.

BACA JUGA:Mahasiswi UBB Siap Tarung Dalam Ajang Putri Budaya Tingkat Nasional di Bengkulu

BACA JUGA:Expo Fisika VI UBB, Tunjukkan Fisika Itu Tidak Sulit

Perwakilan sekolah, Arwin menuturkan, bahwa SMAN Bakam sangat mendukung kegiatan ini sebagai salah satu langkah pencegahan generasi muda dari paham-paham yang tidak sesuai dengan nilai-nilai di Indonesia. Menurutnya, kegiatan yang dikemas dengan diskusi kebangsaan maupun contoh-contoh sikap/prilaku tentang Pancasila akan lebih mengena bagi anak-anak muda.

"Bagaimana anak-anak muda bisa tahu dan menerapkan wawasan Pancasila dan kebangsaan. Pada saat sekarang banyak sekali informasi-informasi diluar sana yang tidak Pancasila, yang tidak NKRI, tidak berbhinneka. Kegiatan seperti ini kita butuhkan untuk memupuk rasa Pancasila dan nasionalisme bagi pelajar,"  ungkapnya.

Begitupun menurut Ketua Tim Dr Rio Armanda Agustian menyampaikan, Indonesia sebagai bangsa yang sangat luas wilayah dan jumlah penduduk yang besar menjadikan tugas bagi generasi muda untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa mengingat akan terus menghadapi tantangan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: