Babel Digital Service, Cita-cita Menuju Provinsi Maju dan Modern

Babel Digital Service, Cita-cita Menuju Provinsi Maju dan Modern

Penandatanganan kerja sama PLN Icon Plus dengan Pemprov Babel mewujudkan Smart Island.--Julian

BABELPOS.ID - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) siap menjalin kerjasama dengan PLN Icon Plus melalui program Smart Island, dengan memberikan konektivitas lokasi dari hulu ke hilir.

Hal ini dilakukan demi mempersiapkan "Babel Digital Service" menuju provinsi yang maju dan modern. Demikian ini disampaikan Asisten Administrasi Umum Yunan Helmi, yang hadir mewakili Penjabat Gubernur Suganda pada rapat bersama PLN Icon, di Jakarta Selatan, Senin (16/10).

"Kita menyambut baik kerjasama ini. Karena untuk menuju Bangka Belitung maju dan modern sesuai visi misi Bapak Pj Gubernur, digitalisasi merupakan suatu keharusan," ujar Yunan Helmi.

Pihaknya menilai, kerjasama ini suatu hal yang sangat luar biasa. "Ke depan, kita berharap semua perangkat daerah sudah melakukan kerjasama, agar pada tahun 2024 dan 2025 nanti, digitalisasi sudah bisa dilaksanakan di lingkungan Pemprov Babel," ujarnya.

BACA JUGA:Indonesia MotoGP Mandalika 2023 Sukses Digelar dengan Listrik PLN Tanpa Kedip

BACA JUGA:Tingkatkan Keandalan Layanan, PLN Rutin Lakukan Pemeliharaan kWh Meter Pelanggan

Hal senada disampaikan Kepala Biro Umum Setda Pemprov Babel Burhanudin. Perangkat daerahnya turut mendukung kerjasama digitalisasi yang dilakukan bersama pihak PLN Icon Plus.

Dirinya menyatakan, kerjasama ini dilakukan tentunya untuk mempermudah serta mempertajam proses pelaksanaan kegiatan pada tiap OPD.

"Kita harus menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, terutama kegiatan pelayanan yang menjadi tolok ukur kinerja Biro Umum agar dapat dilaksanakan secara digital. Sehingga melalui Smart Island, proses pelayanan diharapkan menjadi lebih cepat dan transparan," ungkapnya.

BACA JUGA:Pertama Di Indonesia, PLN Produksi Green Hydrogen 100 Persen Dari EBT Kapasitas 51 Ton Per Tahun

BACA JUGA:Resmikan Plant Pertama di Indonesia, Kementerian ESDM:

Sementara GM PLN Icon Plus SBU Sumbagsel Yan Alfino Simanjuntak menjelaskan, bahwa rapat ini merupakan perwujudan dari dua pertemuan sebelumnya yang sudah dilaksanakan bersama Pj Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu dan instansi terkait lainnya.

"Harapan dari pertemuan-pertemuan ini tentunya, untuk memunculkan secara konkret, kebutuhan ataupun solusi yang bisa PLN Icon Plus berikan. Baik yang sifatnya infrastruktur untuk komunikasi dan telekomunikasi, maupun untuk jaringan data. Serta yang sifatnya aplikasi secara digital, yakni yang bisa langsung memenuhi solusi aplikasi dari proses bisnis yang ada di Bangka Belitung pada dinas, badan ataupun instansi lain yang disesuaikan dengan kebutuhannya," jelasnya.

Selain itu, tujuan besar dari program ini dikatakannya, untuk menciptakan kondisi smart island di Babel. Yakni, kondisi yang secara insfrastruktur data atau internet, sudah tercover semua kebutuhannya, terutama untuk layanan publik maupun layanan data yang sudah terdigitalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: