Kalapas Pangkalpinang Berkomitmen Bangun Citra Positif Pemasyarakatan

Kalapas Pangkalpinang Berkomitmen Bangun Citra Positif Pemasyarakatan

--

Melalui Pelatihan Kehumasan dan Keprotokolan

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Kalapas Pangkalpinang beserta tim Hubungan Masyarakat (Humas), mengikuti Pelatihan Kehumasan dan Keprotokolan, yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Babel, kegiatan berlangsung di Balai Pengayoman, Selasa (10/10/2023). 

Pelatihan yang diikuti oleh seluruh Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) beserta tim Humas dan dihadiri oleh Pejabat Tinggi (Pimti) Kanwil Kemenkumham Babel ini, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam pelaksanaan kehumasan dan keprotokolan di wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Babel.

BACA JUGA:Dua Cewek Pengedar Diringkus, Bandar Jadi Buronan

Kegiatan diawali laporan Kepala Bidang Pembinaan Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Kemenkumham Babel, Ridha Anshari, dan dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto. 

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan pentingnya memahami tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan pada keprotokolan.

BACA JUGA:Dua Cewek Pengedar Diringkus, Bandar Jadi Buronan

“Keprotokolan ini sangat penting sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan kedudukannya dalam Negara, pemerintahan atau Masyarakat,” ucap Kakanwil.

Lebih lanjut, Kakanwil Harun mengatakan, Kehumasan juga merupakan garda terdepan dalam membangun citra positif kemenkumham, dengan memahami teknik implementasi kemampuan komunikasi secara efektif, khususnya kepada media, mampu mengcounter isu negatif dengan cepat, agar tidak menyebarluas, dan memahami penanganan manajemen krisis.

BACA JUGA:Lagi, Arisan Bodong Telan Korban Hingga Ratusan Juta

Koordinator Humas dan Protokol Direktoral Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Rika Aprianti, sebagai narasumber pada pelatihan ini. Dalam materinya, Rika menyebutkan, krisis terjadi saat suatu keadaan dapat membawa dampak negatif atau kerugian yang mempengaruhi individu, kelompok, atau seluruh masyarakat. 

“Krisis komunikasi terjadi saat respon terhadap krisis tidak dilakukan dengan baik sehingga membahayakan reputasi dan citra publik suatu organisasi atau pribadi,” sebut Rika.

BACA JUGA:Kecewa, Massa Serbu KPU Kota

Langkah-langkah dalam penanganan Krisis di UPT Pemasyarakatan adalah dengan menerima atau mengumpulkan informasi terkait krisis dari berbagai sumber, melakukan self-assessment, melakukan klasifikasi level krisis dan membentuk tim manajemen komunikasi krisis, melakukan tindakan persiapan penanganan krisis, dan melakukan langkah-langkah penanganan krisis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: