GPL Bateng Rutin Aksi Bersih Pantai, Didominasi Sampah Plastik

GPL Bateng Rutin Aksi Bersih Pantai, Didominasi Sampah Plastik

--

BABELPOS.ID, KOBA - Komunitas Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Kebang Kemilau, Arung Dalam pada Selasa, (10/10/2023).

"Setiap bulan, GPL Bangka Tengah memang rutin membersihkan pantai, seperti bulan kemarin, kita membersihkan pantai Sumur 7, bulan ini Pantai Arung Dalam, dan bulan depan direncakan Pantai Terentang," ujar Hermanto selaku Ketua GPL Bangka Tengah.

BACA JUGA:442 Pebulutangkis Bertanding di BNI Sirnas B, PBSI Babel : Mereka Calon Pemain Dunia

Menurutnya, kegiatan bersih pantai ini, selain mengajak masyarakat menjaga kebersihan, namun juga sebagai edukasi kepada pengunjung dan masyarakat, agar menimal sampah yang dibawa bisa dibersihkan sendiri atau dibuang pada tempatnya.

"Aksi GPL bukan cuma memungut sampah, tapi juha mengingatkan antar sesama bahwa jika sampah yang ada dibiarkan akan berbahaya," tuturnya.

Kata Dia, sejauh ini sampah yang dominan adalah sampah plastik kemasan minuman dan makanan.

"Rata-rata sampah yang paling banyak kita jumpai adalah bekas plastik kemasan makanan dan minuman," ujarnya.

Ia mengatakan, anggota yang terlibat juga ada dari Pangkalpinang dan Toboali.

"GPL ini awalnya juga diinisiasi oleh Istri Bupati Bangka Tengah, yakni Ibu EVa Algafry pada saat itu ada acara pawai karnaval dan kita melakukan aksi bersih-bersih," tuturnya.

"Sayang, jika aksinya cuma sebatas itu, jadi kita lanjutkan sampau sekarang dan teman-teman juga tetap eksis dan bersedia," imbuhnya. (sak/ynd).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: