Dampak Penggunaan Handphone Bagi Remaja Era Modern

Dampak Penggunaan Handphone Bagi Remaja Era Modern

NurIkhwan Nusantara --Ist

Oleh: NurIkhwan Nusantara

Mahasiswa Fakultas Hukum UBB

ERA modern seperti saat ini hampir semua remaja memiliki Handphone atau HP. Para remaja menggunakan HP untuk mencari informasi lewat internet, sebagai alat untuk berkomunikasi baik dengan teman maupun keluarga. Adapun sekedar untuk eksis dimedia sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya.

Handphone diciptakan oleh seorang pria dari Amerika serikat, Martin Cooper pada tanggal 3 April 1973. Awalnya handphone digunakan untuk mempermudah komunikasi dengan orang lain. Tetapi dizaman modern seperti saat ini handphone juga digunakan untuk bermain game, mendengarkan music, menonton film dan lain-lain.

BACA JUGA:Dampak Eksistensi Toko Online Terhadap Pedagang BTC Pangkalpinang

Dari latar belakang diatas, tentu kita semua tahu bahwa segala sesuatu pasti memiliki dampak posistif dan dampak negative, begitu juga dengan hanphone.

Dampak positif handphone bagi remaja diera modern ini adalah sebagai berikut; mempermudah berkomunikasi dengan keluarga,bisa mengakses berbagai informasi sehingga kita dapat menambah pengetahuan atau wawasan dan tidak ketinggalan informasi, dan handphone atau HP ini bisa digunakan untuk bermain game, menonton film dan mendengarkan musik.

BACA JUGA:SDM Pendidikan dan Tantangan Globalisasi Masa Depan

Selain memiliki dampak positif handphone juga memiliki dampak negative yaitu; dapat mengganggu konsentrasi belajar baik di sekolah ataupun di rumah, mengurangi interaksi dengan teman dan keluarga secara langsung.

Selain itu handphone juga berbahaya bagi Kesehatan remaja karena dapat merusak mati, seperti rabun jauh, dan menyebabkan mata kering, menyebabkan sakit kepala, kerusakan otak, menurunkan tingkat kesuburan pria dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Pentingnya Sumber Daya Manusia dalam Pengembangan Organisasi di Era Digitalisasi

Kesimpulan

Handphone adalah bentuk dari teknologi yang seiring dengan berjalannya waktu fungsinya semakin bertambah, yang pada awalnya hanya digunakan sebagai media berkomunikasi dengan orang lain, dan kini handphone bisa digunakan untuk memotret atau berswafoto, untuk bermedia sosial, bermain game dan lain-lain.

Handphone memiliki dampak positif dan negatifnya. Akan tetapi dampak negatifnya lebih banyak atau lebih dominan dibandingkan dengan dampak positifnya baik dari segi kesehatan maupun sosial remaja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: