Dosen Unmuh Babel PKM Berbasis Edusciencetourism untuk Masyarakat Temberan

Dosen Unmuh Babel PKM Berbasis Edusciencetourism untuk Masyarakat Temberan

Kegiatan les bahasa Inggris bagi anak-anak SD di Kelurahan Temberan oleh Dosen PKM Unmuh Babel.--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Dosen Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) mendapatkan kesempatan berbagi pengalaman untuk masyarakat pesisir pantai, daerah wisata di kawasan Kelurahan Temberan, Kota Pangkalpinang dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Pengabdian ini mengangkat tema "Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pantai berbasis Edusciencetourism untuk Mewujudkan Masyarakat yang SIP (Smart, Independent, Productive)" dengan tim yang terdiri dari Iful Rahmawati Mega, M.Pd selaku ketua Tim dari dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Putri Cahyani Agustine, M.Pd dari dosen Program Studi Pendidikan Matematika, serta Fifin Fitriana, S.Hut., M.Si dari dosen Program Studi Konservasi Sumber Daya Alam, serta dibantu juga dibantu oleh mahasiswa.

BACA JUGA:Bikin Haru Lantunan Puisi Rektor Unmuh Penutup KKN MAs 2023

Kegiatan ini terdiri tiga program yaitu, les mata pelajaran untuk anak-anak Sekolah Dasar, kemudian praktik pembuatan sabun cuci baju, dan pelatihan tour guide untuk ibu-ibu PKK dan remaja Karang Taruna.

Ketiga kegiatan ini dilakukan pada bulan September dengan dimulai dari kegiatan praktik pembuatan sabun cuci baju. Pada praktik ini peserta yang didominasi oleh ibu-ibu PKK sangat antusias, karena kegiatan praktik pembuatan sabun ini merupakan kegiatan pertama yang ada di Kelurahan Temberan. Hasil praktik ini berupa sabun cuci baju yang diberikan merk dari kreativitas kelompok peserta.

BACA JUGA:Dosen Unmuh Babel Beri Motivasi Anak Putus Sekolah di Lubuk Besar Lanjutkan Pendidikan

Kemudian dilanjutkan les pelajaran dari pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris, kegiatan ini juga dibantu oleh mahasiswa-mahasiswa Unmuh Babel untuk mengajari materi-materi pelajaran untuk anak-anak sekolah dasar. Dan diakhiri dengan Praktik Tour Guide dengan dipandu oleh Dody Sugiarto, M.Pd selaku narasumber.

Peserta merasa bahagia dan termotivasi dengan kegiatan ini karena praktik tour guide ini juga merupakan pengalaman pertama bagi masyarakat Kelurahan Temberan.

BACA JUGA:Pesan Rektor Unmuh Babel ke Mahasiswa KKN MAs: Jaga Marwah Muhammadiyah dan Aisyiyah

Disampaikan oleh Lurah Temberan, Iswansyah bahwa kegiatan ini sangat memberikan manfaat dan pengalaman baru bagi masyarakat Kelurahan Temberan serta pihak kelurahan sangat mendukung dengan adanya kegiatan-kegiatan yang dapat memajukan masyarakat kelurahan Temberan.

Ditambahkan juga oleh Ketua TP PKK Kelurahan Temberan, Dina Fitriani bahwa masyarakat sangat bahagia, merasakan manfaat dan menjadi pengalaman pertama untuk PKK Kelurahan Temberan terutama dalam praktik pembuatan sabun dan praktik tour guide, sehingga berharap kegiatan seperti ini bisa diadakan lagi.

BACA JUGA:UnMuh Bahas Pembangunan Berkelanjutan Babel Dalam Seminar Nasional

Kegiatan PKM ini merupakan hasil dari Hibah Kompetitif Nasional dengan skema Pengabdian Masyarakat Pemula dari Kemendikbudristek. Hal ini menjadikan dukungan dalam memajukan masyarakat pesisir pantai yang berfokus pada bidang pariwisata agar dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat area tempat wisata.

"Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat berkelanjutan untuk masyarakat Kelurahan Temberan, tidak hanya pada bidang edusciencetourism namun juga di bidang yang lainnya " kata Iful Rahmawati Mega. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: