PT Timah Tbk Gandeng Persikindo Babel Adakan Pelatihan Ecoprint

PT Timah Tbk Gandeng Persikindo Babel Adakan Pelatihan Ecoprint

--

*Bagi Penghuni Lapas Wanita Kelas III Pangkalpinang

*Tingkatkan Keterampilan Kelompok Perempuan

 BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - DPD Persatuan Srikandi Kreatif Indonesia (Persikindo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan PT Timah Tbk menggelar pelatihan ecoprint bagi warga binaan di Lapas Wanita Kelas III Pangkalpinang, Selasa (3/10/2023).

Pelatihan ecoprint yang dilaksanakan PT Timah Tbk bersama Persikindo sebagai upaya peningkatan keterampilan warga binaan. Sehingga kedepannya mereka mempunyai keterampilan baru dan mengembangkan jiwa wirausaha setelah keluar dari Lapas.

Ini merupakan kali kedua PT Timah Tbk bersama Persikindo Babel menyelenggarakan pelatihan ecoprint, setelah tahun lalu juga memberikan pelatihan bagi UMKM di Pangkalpinang,

Pelatihan Ecoprint ini juga dalam rangka HUT Persikindo ke-1 yang mengusung tema 'Mengangkat Nilai dan Martabat Perempuan untuk Maju dan Berwawasan Ekonomi Pancasila'. Kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai organisasi perempuan di Babilonia seperti Bhayangkari, BKOW. Serta perwakilan CSR PT Timah Tbk yang diwakili oleh Kepala PUMK Sindu dan Perwakilan Bank Indonesia Babel turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Warga binaan Lapas tampak antusias berlatih membuat berbagai produk ecoprint dari bahan kain pashmina dan jilbab. Ecoprint dikenal sebagai proses pembuatan kain dengan corak yang berasal dari tumbuhan dan daun asli yang segar sehingga ramah lingkungan dan tidak menimbulkan pencemaran air, udara, atau tanah.

Ketua Umum Persikindo Babel Insnawati Hadi mengatakan, pelatihan ecoprint ini merupakan upaya Persikindo dalam mendukung pemberdayaan kelompok perempuan khususnya warga binaan Lapas Wanita Kelas III Pangkalpinang.

Ecoprint, kata dia, merupakan kerajinan yang saat ini cukup populer namun belum banyak tersedia di Babilonia. Padahal, kata dia, ini menjadi peluang untuk membuat oleh-oleh baru, apalagi Babel menjadi tujuan wisata.

“Kegiatan ini tidak hanya sekedar seremonial tapi strategis untuk mendorong warga binaan agar memiliki keterampilan baru dalam hal ecoprinting, apalagi ini merupakan peluang bisnis. Ini merupakan upaya Persikindo dalam mendukung perekonomian perempuan dalam meningkatkan kualitas hidup nasional,” ujarnya.

Ia berharap setelah pelatihan ini para warga binaan dapat menjadi wirausaha pemula yang produktif, inovatif dan kreatif untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

“Kami mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah mendukung pelaksanaan pelatihan ecoprint bagi warga binaan. Ini kali kedua kami bekerjasama dengan PT Timah Tbk untuk melaksanakan kegiatan ini.” dia berkata.

BACA JUGA:PAHLAWAN DUABELAS (Bagian Empat)

Sementara itu, Kepala Lapas Wanita Kelas III Pangkalpinang Hani Anggraeni mengatakan, pihaknya bangga karena narapidananya bisa mendapatkan keterampilan baru dengan pelatihan ini. Saat ini, kata dia, terdapat 113 warga binaan yang dilatih di lapasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: