Lapas Pangkalpinang Gelar Salat Istisqa Minta Turun Hujan

Lapas Pangkalpinang Gelar Salat Istisqa Minta Turun Hujan

Salat Istisqa minta turun hujan di lapas Pangkalpinang kelas II A--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Lapas Kelas IIA Pangkalpinang menggelar Salat Istisqa meminta turunnya hujan, Selasa (26/9/2023). 

Salat yang dilaksanakan di Lapangan Blok Lapas Kelas IIA Pangkalpinang ini diikuti para petugas dan ratusan warga binaan. 

BACA JUGA:Ikut Transaksi Perdana Bursa Karbon, Bukti Nyata Komitmen BRI Melawan Krisis Perubahan Iklim

Sebelum Salat Istisqa dilaksanakan, para jemaah terlebih dahulu mengumandangkan lapadz Istigfar. Salat Istisqa baru dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB. 

Bertindak sebagai imam sekaligus khotib ialah Ustad Abdul Qhadir Jailani selaku Penyuluh Agama Islam dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Bangka Belitung. 

BACA JUGA:Jaksa Masuk Sekolah, Ini Pesan Kajari Basel untuk Siswa SMP 3 Airgegas

Dalam materi khutbahnya, Abdul Qhadir mengajak umat Islam untuk bertaubat, meminta ampun atas segala dosa, serta memperbanyak istighfar dengan harapan Allah SWT mengabulkan apa yang menjadi kebutuhan umat Islam dan makhluk hidup lainnya pada saat kemarau panjang.

"Salat Istisqa ini sebagai ikhtiar batin umat Muslim kepada Sang Pencipta, bermunajat, memohon, agar diturunkan hujan di tengah kemarau dan musibah kekeringan saat ini,” ujar Abdul Qhadir.

BACA JUGA:Jaksa Masuk Sekolah, Ini Pesan Kajari Basel untuk Siswa SMP 3 Airgegas

Sementara Kepala Lapas Kelas IIA Pangkalpinang Badarudin mengatakan, sampai saat ini upaya lahir sudah dilaksanakan pihak Lapas Kelas IIA Pangkalpiinang terutama  dalam menghadapi musim kemarau tahun ini diantaranya melakukan perawatan sumber- sumber air yang ada di Lapas, perbaikan pompanisasi, pengiriman air bersih dan sebagainya.

"Tentu upaya lahir itu tidak akan pernah cukup, namun perlu memang ikhtiar lahir harus diimbangi dengan ikhtiar batin, karena semua itu adalah kehendak Allah SWT," tutur Badarudin. 

BACA JUGA:Jumlah Kepesertaan Rendah, BPJS Ketenagakerjaan Harapkan Andil Pj Gubernur

Senada, Kepala Seksi Pembinaan Narapidana, Adam Ridwansyah menambahkan, Salat Istisqa ini merupakan bentuk ikhtiar sebagai makhluk yang lemah dan memilki keterbatasan kemampuan, sehingga wajib menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT.

"Dimana saat ini yang sama- sama kita rasakan bahwa saat ini sedang berlangsungnya musim kemarau, sehinga kami mengajak seluruh petugas dan warga binaan untuk melaksanakan Salat Istisqa, yang alhamdulillah telah dilaksanakan hari ini. Semoga Allah SWT mengabulkan dan memberikan kekuatan kepada kita semua dalam menghadapi musim kemarau tahun ini,” harap Adam.(pas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: