Hari Ini, Rudi Center Screening Calon Pasien Operasi Katarak di Bangka Tengah

  Hari Ini, Rudi Center Screening Calon Pasien Operasi Katarak di Bangka Tengah

--

YAYASAN Rudi Center dan PDI Perjuangan Bangka Belitung akan menggelar tahap screening bagi para calon pasien operasi katarak di Kantor DPC PDIP Bangka Tengah yang beralamat di Koba, Senin (25/9/2023).

------------

SCREENING merupakan pemeriksaan kondisi calon pasien mulai dari kadar gula, tensi darah, maupun kondisi mata. Hasil dari tahap tersebut akan menentukan dan menjadi tolok ukur apakah calon pasien layak atau tidak dilakukan tindakan operasi.

BACA JUGA:Beri Tambahan Modal Bukti Rudianto Tjen Ingin UMKM Lokal Bergerak

Hingga hari ini, 204 orang telah mendaftar screening dan 157 orang dinyatakan layak untuk mengikuti operasi katarak gratis yang akan digelar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Kota Pangkalpinang, 6-9 Oktober 2023 mendatang.

Kendati telah memasuki tahap screening, Rudi Center dan PDI-P Babel masih membuka pendaftaran bagi masyarakat yang mengalami gangguan katarak. 

Koordinator tim kesehatan Rudi Center, Rafika menjelaskan dalam screening tersebut calon pasien operasi katarak gratis akan diperiksa oleh, mulai dari kadar gula, tensi darah, maupun kondisi mata yang akan dioperasi. 

"Mudah-mudahan dari semua pendaftar bisa lolos screening, supaya gangguan mata katarak mereka bisa kita lakukan operasi sehingga mereka bisa melihat terang lagi," ujar Rafika, Sabtu (23/9).

Di lain kesempatan, Direktur Yayasan Rudi Center, Imam Wahyudi mengatakan pihaknya bersama PDIP Babel berkomitmen untuk terus berupaya menekan angka kebutaan di Negeri Serumpun Sebalai.

Menurutnya, penglihatan adalah salah satu fungsi dalam tubuh yang memiliki peran penting dalam keseharian, sehingga ia berharap operasi katarak ini bisa membantu kesehatan mata masyarakat.

BACA JUGA:Tangis Bahagia Warga usai Dapat Doorprize Motor dari Rudianto Tjen

“Saya berharap bahwa acara ini (Operasi Katarak Gratis_red) terus berlanjut terus setiap tahun, karena ini juga untuk mengurangi angka kebutaan di Bangka Belitung,” paparnya

Selain itu, Imam melanjutkan, Operasi Katarak Gratis diharapkan bisa membantu dan meringankan beban ekonomi masyarakat Babel.

“Banyak warga setelah mengikuti operasi katarak gratis dari Yayasan Rudi Center ini bisa kembali melihat dengan jelas dan terang, masyarakat juga bisa lebih produktif dalam bekerja. Kita bersyukur bisa terus membantu masyarakat, karena kalau mereka harus operasi secara mandiri, mereka terbebani oleh biaya yang cukup tinggi,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: