Talkshow I-Break Kenalkan Program Gule Kabung ke Kancah Nasional

Talkshow I-Break Kenalkan Program Gule Kabung ke Kancah Nasional

Ist/Dokumentasi Diskominfo Babel--

BABELPOS.ID, JAKARTA - Usai meraih penghargaan Excellent Award for Initiative Strategic beberapa waktu lalu, program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung (Gule Kabung), mendapat kesempatan untuk diketahui masyarakat se-Indonesia melalui sebuah program talkshow milik salah satu televisi nasional ternama.

Gule Kabung diketahui dikulik secara mendalam di program I-Break milik I-News TV, dengan tajuk “Mengulik Gule Kabung Racikan Pj Gubernur Kepulauan Babel” yang dipandu oleh presenter kenamaan, Kieky Cahya, yang berlangsung di Studio I-News TV Jakarta, Jumat (22/9/2023).

BACA JUGA:Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, Johan Murod Wafat

Dalam talkshow tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu menjelaskan tentang Program Gule Kabung secara filosofi maupun fungsi. Dirinya juga menceritakan, bagaimana program yang ia gagas terbukti efektif menyelesaikan sejumlah permasalahan di Negeri Serumpun Sebalai.

“Dalam melaksanakan program Gule Kabung, kita turun langsung ke desa bahkan menginap di rumah warga dan melibatkan banyak pihak, baik itu unsur pemerintah, pengusaha, maupun masyarakat. Dari sana, banyak hal yang bisa langsung dieksekusi ataupun dicarikan solusi saat itu juga," terang Pj Gubernur Suganda

BACA JUGA: Mistik Seputar Timah di Bangka Belitung. Timah Diasal dan Berperi?

"Ini membuktikan, bahwa permasalahan seperti stunting, inflasi, pengentasan kemiskinan itu bisa cepat ditangani kalau kita mau turun bersama ke masyarakat,” lanjutnya.

Pj Gubernur Suganda menambahkan, program Gule Kabung merupakan upaya pengawasan melekat terhadap pelayanan publik kepada masyarakat. Ia berharap, dengan turunnya unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dari jenjang Provinsi, Kabupaten hingga perangkat desa dalam program tersebut, mampu memberikan solusi konkret terhadap percepatan sekaligus pengawasan pelayanan publik.

BACA JUGA:Apes! Eks Sekretaris Dinas Pertanian Bangka Jadi Tersangka Kasus Lama

“Program Gule Kabung ini juga berfungsi sebagai Waskat (Pengawasan Melekat), ya kalau yang turun ke desa itu sudah levelnya Kapolda, tentu pelayanan sampai ke tingkat terbawah sekalipun akan mudah terawasi,” tambahnya.

Ditemui usai _talkshow_, Pj Gubernur Suganda mengatakan dirinya bersyukur telah membawa bahasa Bangka Belitung, yakni Gule Kabung yang menjadi tajuk program kerjanya itu, dapat dikenal lebih luas di mata nasional, ia berharap, gagasannya dapat menginspirasi siapapun yang ingin menerapkan hal yang sama di luar Kepulauan Babel.

BACA JUGA:Pentingnya Sumber Daya Manusia dalam Pengembangan Organisasi di Era Digitalisasi

Selain itu, ia juga berpesan terhadap siapapun yang nantinya akan meneruskan kembali estafet kepemimpinan agar dapat melanjutkan program yang telah ia gagas. 

Ia berpendapat, pelayanan publik terpadu yang langsung menyentuh kepada masyarakat seperti yang dilakukan dalam program Gule Kabung ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga perlu untuk dilanjutkan dan terus dikembangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: