Hingga September 2023, Terjadi 88 Kasus Kebakaran di Basel

Hingga September 2023, Terjadi 88 Kasus Kebakaran di Basel

Gatot Wibowo--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Kasus Kebakaran yang terjadi di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dari 01 Januari hingga 21 September 2023 ada 88 kasus, dengan objek yang terbakar antara lain mulai rumah, pertokoan, gedung, lahan kosong, kebun warga hingga kendaraan.

Menurut PLT Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) Basel Gatot Wibowo, kebakaran terjadi hampir merata di 8 kecamatan yang ada di Basel.

"Kondisi kebakaran mulai dari kondisi ringan hingga berat, kebanyakan kebakaran tersebut terjadi pada rumah, toko atau kios, kebun milik warga serta lahan dan hutan," jelasnya, Jumat (22/9).

BACA JUGA:Api Bakar Sampah Meluas, Puluhan Batang Sawit Rias Terbakar

Penyebab kebakaran juga beragam mulai dari korsleting listrik, kebocoran gas, kerusakan alat, kelalaian warga saat menghidupkan api, membuang puntung rokok sembarangan hingga faktor cuaca.

Selain itu, musim panas seperti saat ini juga kondisi rawan kebakaran lahan. Akibat masyarakat membuka lahan dengan cara dibakar tak terkontrol, puluhan hektar lahan di Basel terbakar ludes.

"Adapun kebanyakan lahan yang terbakar tersebut di tiga kecamatan, yakni Payung, Toboali dan Tukak - Sadai," terang Gatot.

BACA JUGA:Polsek Simpang Rimba Himbau Warga Jangan Bakar Lahan, Kapolsek: Bisa Pidana!

Untuk mengantisipasi dalam hal ini pihaknya sudah membuat tim satuan tugas (Satgas) yang siaga dengan melibatkan sejumlah stakeholder terkait. Dari jajaran kepolisian, TNI, kejaksaan, intelijen, PLN hingga dinas.

"Bagi masyarakat yang mengetahui terjadinya kebakaran dapat segera melaporkan kepada ke nomor telepon atau WhatsApp Admin Pengaduan Damkar Bangka Selatan di nomor 0812 7832 3979 dan 0812 7102 9510," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Truk Pengangkut Gas Melon Terbakar di Desa Serdang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: