Catat! 32 Calon Kades di Bangka Ini Komitmen Pilkades Damai

Catat! 32 Calon Kades di Bangka Ini Komitmen Pilkades Damai

Deklarasi Pilkades Damai Kabupaten Bangka.--Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Sebanyak 32 orang calon kepala desa (Kades) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bangka tahun 2023 berkomitmen mengikuti Pilkades secara damai.

Komitmen itu dinyatakan dalam deklarasi damai di kediaman Bupati Bangka, Senin (17/9).

BACA JUGA:9 Desa Ini Gelar Pilkades Serentak 21 September 2023

Pilkades serentak akan dilaksanakan Kamis (21/9) di 9 desa yakni, Air Buluh, Penagan, Kota Kapur, Zed, Labuh Air Pandan, Desa Dwi Makmur, Balun Ijuk, Desa Cit dan Desa Neknang di Kecamatan Bakam.

"Tercatat sebanyak 32 orang peserta calon kepala desa yang ditetapkan akan mengikuti pilkades serentak pada Kamis, 21 September 2023," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangka Dalyan Amrie.

BACA JUGA:Jaksa Jaga Desa, Kejati Babel Buka Layanan Hukum Bagi Kades di Bangka

Dijelaskan Dalyan, deklarasi damai tersebut bertujuan agar Pilkades berjalan aman, lancar dan kondusif serta hasil Pilkades dapat terima oleh semua peserta.

"Dari sembilan desa yang menggelar pilkades ditetapkan sebanyak 52 tempat pemungutan suara dengan 18.953 lembar surat suara ditambah dengan 10 persen surat suara cadangan," jelas dia.

BACA JUGA:9 Desa di Bangka Ini Gelar Pilkades Serentak

Sedangkan logistik pilkades, seperti kotak suara, bilik suara, tinta, stiker dan yang lain akan didistribusikan ke masing - masing desa tanggal 20 September 2023 atau satu hari sebelum pemungutan suara.

Pendistribusian logislik kata Dalyam Amrie, melibatkan personel kepolisian dari Polres Bangka dibantu personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menjamin keamanan.

BACA JUGA:Mulkan Bawa Pemkab Bangka Sebagai Pemda Dengan Pembangunan Desa Terbaik 2023

"Selain peserta pilkades wajib mengikuti deklrasi, masyarakat juga diharapkan mendukung pelaksanaan pilkades dengan menyampaikan hak pilih sesuai dengan hati nurani," ujarnya.

Dia meminta siapapun yang terpilih menjadi kepala desa, hendaknya mampu membangun desa dan mensejahterakan masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: