Pemilu Bermartabat Dijaring Melalui Umat Beragama

Pemilu Bermartabat Dijaring Melalui Umat Beragama

Sosialisasi Pemilu 2024 di oleh FKUB dan KPU Beltim.--Ist

BABELPOS.ID, MANGGAR - Para tokoh lintas agama dan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilu 2024 diharapkan berkomitmen menciptakan kondisi di Belitung Timur yang rukun, damai, aman dan sejuk. Karena para tokoh lintas agama adalah teladan bagi umat masing-masing agama, yang harus memiliki kepedulian dalam mendorong umat mendukung suksesnya Pemilu 2024.

Ajakan ini disampaikan oleh Sekretaris FKUB Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Ekocahyo Heppy dalam Sosialisasi Pendidikan Pemilih dalam rangka Peningkatan Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2024, Selasa (12/9/2023) di Gereja Persekutuan Kristen (Gepekris) Kecamatan Kelapakampit, Beltim.

BACA JUGA:Selama 12 tahun PT Timah Tbk Mendukung Piala Kasti Bergilir di Kecamatan Gantung

Sosialiasi dan Pendidikan Pemilih 2024 dihadiri pula Ketua KPU Kabupaten Beltim Marwansyah didamping Komisioener KPU Kordiv Sosdiklih Asrikhah, Wakil Ketua FKUB Beltim Pdt Managam Pasaribu juga Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) Belitung, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kelapakampit Sari berserta anggota termasuk pula para umat Kristiani.

"Kami dari FKUB Beltim hadir kali ini sebagai wadah lintas agama tentu mesti ambil peran aktip untuk ciptakan Pemilu 2024 aman, damai dan sejuk. Kami juga akan berikan pemahaman dan pengetahuan kepada umatnya akan pentingnya persatuan dan kesatuan untuk cegah gesekan antar umat, namun disini umat masing-masing agama rukun. Dengan cegah riak tentu akan tercipta Pemilu yang aman serta selalu bertumbuh dan berkembangnya semangat kerukunan antar umat beragama," jelas Eko dihadapan sedikitnya 100 peserta yang hadir ke Gereja di Pasar Kelapakampit ini.

BACA JUGA:PLN Tingkatkan Keandalan Sistem, Jaga Pasokan Listrik JPJR 2023 Belitung Timur Tetap Aman

Dalam kesempatan yang sama Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) Belitung, pdt. Managam Pasaribu menyambut baik kegiatan Sosialisasi KPU Belitung Timur.

"Saya senang KPU hadir melayani umat, artinya kita sebagai pelayan umat sama pedulinya untuk suksesnya Pemilu 2024" ujar Managam di hadapan umatnya.

BACA JUGA:Program Kemunting PT Timah Tbk Hadir di Belitung Timur, Edukasi Stunting kepada Warga Desa Mengkubang

Ketua KPU Beltim Marwansyah mengingatkan 154 hari menuju hari H pencoblosan, Rabu, 14 Februari 2024, eskalasi terkait suhu politik akan tinggi, yang harus diantisipasi sejak dini. Sehingga peran tokoh agama melalui seruannya di rumah ibadah masing masing tentu akan mendinginkan suasana.

"Situasi jelang hari H dan nanti kampanye mulai 28 November sampai 10 Februari tentu suhu agak memanas, namun yakin ini tokoh agama di Beltim dan umatnya tentu tidak akan panasi keadaan, tentu akan sejukkan situasi. Kami ingin pemilu tentu agar tetap bermartabat dengan azasnya luber dan jurdil," ujar Marwansyah.

BACA JUGA:Ratusan Masyarakat Mengkubang Manfaatkan Pelayanan Kesehatan Gratis di Mobil Sehat PT Timah Tbk

Dikatakan Marwan, Pemilu bisa dimanfaatkan bagi rakyat sebagai bagian dari ejawantah diri dalam mewujudkan daulat diri untuk salurkan aspirasi dengan datang ke TPS pada 14 Februari 2024 mendatang.

Asrikhah, Komisioner KPU Beltim menambahkan agar semua warga yang sudah terdaftar menggunakan hak pilihnya dengan sebaik baiknya. "Silahkan datang ke ke TPS, pilihlah dengan hati bersih dan amanah sehingga tentu pilihan terbaik adalah untuk kemajuan bangsa," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: