43 Pelaku IKM Toboali Dapat Bantuan Freezer

43 Pelaku IKM Toboali Dapat Bantuan Freezer

FGD pengembangan UMKM di Basel.--Ilham

BABELPOS. ID, TOBOALI - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMINDAG) menyerahkan 43 freezer kepada para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) sentra olahan hasil laut.

Bupati Basel Riza Herdavid yang menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut, menyampaikan, peran IKM sangat penting dan strategis bagi pertumbuhan ekonomi, sebagai salah satu pilar perekonomian daerah.

"Dalam hal ini Kita memanfaatkan hasil bahan baku lokal yakni ikan, karena potensi olahan sentra hasil laut masih dinilai potensial dalam pertumbuhan ekonomi," ungkapnya, Senin (11/09).

BACA JUGA:Pawai HUT RI, Pelaku UMKM Ketiban Rezeki

"Semoga bantuan ini bermanfaat bagi pelaku IKM khususnya di sentra industri hasil olahan laut, dan pertumbuhan ekonomi bisa naik dengan pemberdayaan pelaku IKM," ucapnya.

Ketua Yayasan Panca Difersiti Akademi Dr. Darus Altin mengungkapkan, dalam kajian akademisi bahwa produk IKM harus mendapatkan dukungan penuh dari Pemkab dan pemanfaatan penjualan lewat OPD.

"Melalui branding produk ini sebagai pengenalan iconik daerah yang baru, sehingga suatu daerah mempunyai ciri khasnya," ujarnya.

BACA JUGA:Kunjungan Wisatawan Meningkat Hingga 75 Persen, Firmansyah: Baik Bagi UMKM Basel

Dikatakan Dr. Darus bahwa, produk UMKM seperti terasi sudah ada sejak tahun 70 an, sehingga bisa menjadi branding baru sebagai satu-satunya produk terasi agar dapat menembus pasar.

Yayasan Panca Diversiti juga membuat media promosi melalui video dan katalog 43 produk dengan unggulan tersendiri dan design katalog yang menarik.

"Yang artinya yayasan kita sebagai mitra dalam hal pemasaran dan media promosi produk sentra hasil olahan laut, dan sudah bekerja sama dengan Pemkab Basel," terangnya.(*)

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Unmuh buat Kerupuk dari Ikan Gelamo, Ternyata Enak! Peluang UMKM Nih..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: