Waspada! Ini Tiga Penyakit pada Musim Kemarau

Waspada! Ini Tiga Penyakit pada Musim Kemarau

Slamet Triyadi--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Memasuki musim kemarau, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap penyakit yang sering terjadi pada saat musim kering ini.

Adapun penyakit yang sering dialami oleh masyarakat saat musim seperti saat ini adalah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (Ispa), diare dan demam berdarah dengue (DBD).

BACA JUGA:39 Tahun Jadi Wartawan, Sehat & Bahagia Selalu Om Erer

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) DKPPKB Basel, Slamet Triyadi, Jum'at (08/09).

"Untuk penyakit Ispa ini erat kaitannya dengan kondisi udara di sekitar, apalagi banyaknya kejadian kebakaran, tentu asap tersebut sangat tidak sehat, maka rata-rata masyarakat terkena Ispa," ujarnya.

BACA JUGA:DPPP Basel Gencar Sosialisasikan Penyakit Rabies

Selain itu, rawan diare akibat kualitas air yang kurang baik. Lalu DBD yang berasal dari bak - bak penampungan air yang tumbuh jentik nyamuk.

Dari laporan yang masuk terhitung dari Juli hingga agustus 2023 ada sedikit peningkatan tiga penyakit ini pada musim kemarau, yakni Ispa 72 kasus, diare 136 kasus dan DBD 28 kasus.

"Dari ketiga kasus penyakit tersebut untuk Ispa terbanyak di Kecamatan Payung, diare di Kecamatan Toboali dan DBD 15 kasus ada di kecamatan Toboali," terangnya.

BACA JUGA:Waspada Dini Frambusia, Jaga Perilaku Hidup Sehat

"Masyarakat agar menggunakan masker pada musim kemarau ini, konsumsi air dari bahan baku yang bersih atau bila perlu dimasak dahulu airnya, serta tutup penampungan air agar jentik nyamuk tidak berkembang," tambah Slamet. (*)

BACA JUGA:Pekan Sehat ke 47 PT Timah Tbk, Ribuan Masyarakat Toboali Padati Pantai Nek Aji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: