Terungkap! Pencurian Tiang Internet Diotaki Karyawan Sendiri

Terungkap! Pencurian Tiang Internet Diotaki Karyawan Sendiri

Para tersangka saat diamankan ke Mapolda Babel.--Reza

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Tim 1 opsnal subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Bangka Belitung berhasil mengamankan 5 pemuda pelaku pencurian 100 tiang akses internet milik PT  Iforte Solusi Infotex, Kamis (7/9). Pencurian tersebut terjadi pada bulan Agustus yang lalu.

Kabid Humas Polda Babel Kombes Jojo Sutarjo, mengungkapkan 5 pelaku tersebut berinisial HH (23), HRA (23), ADS (29), MRW (23) dan JHP (23). Mereka diringkus di 2 tempat berbeda. 

"Penangkapan pertama dilakukan  di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat dan kedua  di Desa Pemali," kata Jojo.

BACA JUGA:Setahun Berlalu, Kasus Pencurian Motor di Kurau Timur Akhirnya Terungkap, Ini Pelakunya

Pengungkapan tersebut, kata Jojo berawal dari laporan pihak perusahaan yang mengalami kehilangan 100 batang tiang akses internet yang berada di wilayah Bangka. Akibat kejadian tersebut, perusahaan mengalami kerugian kurang lebih sebesar RP 100 juta. 

"Dari laporan ini, tim langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan barang bukti sebanyak 13 buah tiang yang disimpan di lapangan terbuka di desa Jelitik Sungailiat," ungkap perwira 3 melati di pundak.

BACA JUGA:Empat Tersangka Pencurian di Parai dan Batu Bedaun Ternyata Residivis

Tim selanjutnya melakukan pengembangan. Lalu berhasil mengamankan para pelaku. Dari keterangan para pelaku kalau mereka  melakukan aksinya di 10 TKP berbeda.

"TKP juga ada di Bangka Selatan. Total ada 102 tiang yang sudah dicuri oleh mereka," ujarnya.

BACA JUGA:Berawal dari Kasus Penganiayaan, Kasus Pencurian Tahun Silam Ikut Terbongkar

Terungkap juga modus, kalau otak pencurian adalah pelaku HH yang merupakan koordinator lapangan. Pelaku HH, sengaja menyuruh anak buahnya untuk mencabut tiang internet itu sendiri dan melaporkan kepada pihak perusahaan bahwasannya tiang internet milik perusahaan hilang.

Pelaku kemudian menawarkan kepada pihak perusahaan bahwa pelaku bisa mengganti tiang tersebut dengan tiang lokal yang diklaim harga 800 ribu.

BACA JUGA:Waspada Modus Pencurian Hp Ini, Dialami 2 Orang Sedang Nongkrong

"Padahal tiang tersebut adalah tiang internet milik PT. IFORTE yang dicuri pelaku di tempat lain kemudian dicat ulang agar terlihat seperti baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: