Job Fair di Ajang ICD MGBK 2023, Optimis Serap 25 Persen Lulusan SMK ke DUDI

Job Fair di Ajang ICD MGBK 2023, Optimis Serap 25 Persen Lulusan SMK ke DUDI

Job Fair di Arena ICD MGBK 2023--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Integrated Career Day (ICD) Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA, SMK dan MA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023, secara resmi dibuka oleh Junardi, selaku Koordinator Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung di Gedung Aula SMKN 2 Pangkalpinang, Senin (04/09/2023).

Dalam sambutannya, Junardi, mengapresiasi terlaksananya kegiatan ICD MGBK Provinsi Bangka Belitung tahun 2023. Hal ini merupakan wujud nyata bahwa, peran guru Bimbingan Konseling (BK) sangat banyak dan strategis termasuk dalam menerapkan program kurikulum merdeka.

Guru BK juga berperan sebagai pembimbing siswa dalam mengenal diri, memfasilitasi perkembangan dan pertumbuhan, penyesuaian diri, serta pengembangan potensi dan minat secara optimal. Termasuk dalam mensukseskan Program Pembelajaran Berdiferensiasi yang merupakan teknik instruksional atau pembelajaran.

BACA JUGA:Wamenaker Buka Job Fair Pangkalpinang, Tersedia 390 Lowongan Kerja

Dalam program ini para guru dituntut mampu menggunakan berbagai metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individual setiap siswa sesuai dengan kebutuhannya.

Peran guru BK juga diarahkan untuk membantu menyiapkan kompetensi para siswa lulusan SMK/ sederajat agar mampu menjadi sumberdaya manusia yang mumpuni, mandiri dan siap kerja di instansi pemerintah, swasta maupun berwirausaha. 

“Peran guru BK khususnya bidang karier kita harapkan dapat terus berkolaborasi bersama berbagai pihak termasuk para orang tua untuk mendorong anak-anak kita lulusan menengah atas sederajat ini agar dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan ke perguruan tinggi, berwirausaha maupun bekerja,” jelas Juniardi.

BACA JUGA:Pendaftaran PPDB SMA/SMK Diperpanjang Hingga 27 Juni 2023

Kolaborasi dan perhatian bersama yang lebih intensif antara semua pihak terkait juga harus tertuju agar jangan sampai keberadaan lulusan SMK sederajat yang selama ini masih kerap dianggap sebagai penyumbang masalah pengangguran, akibat masih lemahnya skill para lulusan dan pertanggungjawaban untuk mengarahkan anak masuk ke sektor kewirausahaan.

“Sekali lagi mari kita terus bersinergi, berkolaborasi untuk memberikan sentuhan nyata dan lebih baik kepada anak-anak kita melalui program kurikulum merdeka dan pembelajaran diferensiasi serta menjalankan fungsi tracer study, sehingga sumberdaya manusia dari lulusan SMK sederjat ini dapat terserap lebih baik,” harap Juniardi.

BACA JUGA:Cari Generasi Muda Kreatif, Honda Babel Sasar Ratusan Pelajar SMK Negeri 1 Pangkalpinang

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 2 Pangkalpinang, Muhammad Rafajar, menyampaikan bahwa ICD MGBK Provinsi Bangka Belitung tahun 2023 juga dilaksanakan bertepatan dengan rangkaian HUT SMKN 2 Pangkalpinang ke-55 dalam tajuk SMK 2 Belmoti Celebrations 2023.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan berlangsung 4 – 6 September 2023 tersebut, yakni Milad ke-55 SMKN 2 Pangkalpinang, gelar hasil karya produk siswa di LKS, kewirausahaan kuliner, Job Fair, Edu Fair, talkshow dan workshop (ICD), pameran hasil prodik wirausaha, pentas seni dan proyek p5 kewirausahaan.

BACA JUGA:Tips Memilih SMA atau SMK yang Bagus untuk Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: