Benarkah Telur Bikin Bisulan?

Benarkah Telur Bikin Bisulan?

Telur--Ist

BABELPOS.ID - Telur menjadi salah satu makanan sehat yang bisa dikonsumsi karena kandungan vitamin, mineral, dan asam amino. Dalam satu telur yang dikonsumsi kamu bisa mendapatkan protein berkualitas tinggi, selenium, fosfor, kolin, vitamin B12, dan antioksidan.

Meskipun begitu, masih banyak mitos yang beredar mengenai telur, salah satunya memicu bisulan. Padahal, bisul dan telur tidak berkaitan sama sekali.

BACA JUGA:Nah Lho... Kurang Tidur Tingkatkan Resiko Kematian Dini

Bisul adalah kondisi infeksi kulit yang menyebabkan benjolan merah yang berisi nanah dan memicu rasa nyeri. Bisul sendiri umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus. 

Bakteri ini merupakan bakteri yang kerap ditemukan pada permukaan kulit dan bagian hidung. Bakteri dapat menginfeksi kulit melalui luka terbuka yang ada pada kulit. Ada beberapa orang yang rentan mengalami bisul, seperti pengidap diabetes dan autoimun, kurang menjaga kebersihan, kurang nutrisi, hingga terpapar oleh bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit.

BACA JUGA:Penyebab Penyakit Stroke

Melansir dari The American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi 1 telur per hari belum berkaitan dengan adanya gangguan jantung yang disebabkan oleh kolesterol.

Namun, pastikan kamu tidak mengonsumsi telur secara berlebihan untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

BACA JUGA:Ini Rincian Kebutuhan Konsumsi Air Putih Berdasarkan Usia

Jadi, sebaiknya hentikan mitos mengenai telur bikin bisulan. Dengan mengonsumsi telur kamu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, sehingga kamu terhindar dari risiko bisulan.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan kebersihan kulit agar paparan bakteri penyebab bisulan dapat kamu cegah. (*)

BACA JUGA:Jangan Lengah, 6 Penyakit Baru Disadari Setelah Parah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber