Tangani Kebakaran, Ini 3 Himbauan Damkar Basel

Tangani Kebakaran, Ini 3 Himbauan Damkar Basel

Rakor Pencegahan dan Penanganan Kebakaran di Basel.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Musim kemarau menjadi perhatian semua, pasalnya banyak sekali kebakaran hutan dan lahan atau bahkan memang sengaja dibakar oleh oknum karena ingin membuka lahan dengan instan.

Guna melakukan pencegahan tersebut Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) memperkuat koordinasi dan komunikasi lintas sektor dengan seluruh stakeholder terkait dalam Rakor di Gedung Sekretariat Sekda Basel, Kamis (31/08).

BACA JUGA:Diburu Waktu Kebakaran Desa Paku, Mobil Damkar Basel Terjungkal

Kabid Damkar dan Penanggulangan Bencana, Dinas SatpolPP Basel Ardiansyah mengatakan, dengan wilayah Bangka Selatan yang cukup luas dan jumlah armada yang disiagakan, semua pihak diharapkan proaktif untuk melakukan tindakan pencegahan terjadinya kebakaran hutan.

"Mengingat musim kemarau yang saat ini, tentu potensi terjadinya kebakaran dan otomatis kekeringan juga semakin tinggi," ujarnya.

BACA JUGA:Di Paku, Jago Merah Ludeskan 4 Rumah 1 Gedung Balai

Untuk itu ia menghimbau 3 hal kepada semua pihak yaitu:

1. Tidak membuang puntung rokok sembarangan.

2. Menghindari Membakar di Area Hutan/Lahan.

3. Khusus untuk rumah/bangunan, agar menghindari penggunaan steker yang menumpuk, mencabut colokan listrik setelah digunakan, memastikan tabung gas tidak bocor serta menjauhkan barang - barang yang mudah terbakar dari jangkauan anak.

BACA JUGA:Amuk Jago Merah: Di Beltim 300 Ha Lahan Hangus, Ketapang Berhasil Dijinakkan

"Dan menghimbau agar menyiagakan alat pemadam api ringan (APAR) disetiap fasilitas umum seperti gedung pemerintah, kantor, pasar, sarana ibadah, sekolah dan tempat umum. Hal ini penting sebagai penanganan awal terjadinya kebakaran," jelasnya.

"Sementara untuk mengantisipasi bencana kekeringan, kami menghimbau agar bersama menjaga sumber air bersih, termasuk sungai, kolong jangan sampai tercemar," tambahnya.

BACA JUGA:Geger! Di Permis, Satu Unit Mobil Ludes Dilalap Jago Merah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: