Hidangan 'Ngeri-Ngeri Sedap', Tikus Panggang Hingga Goreng?

Hidangan 'Ngeri-Ngeri Sedap', Tikus Panggang Hingga Goreng?

--

BABELPOS.ID. Di negeri ini tikus adalah hama.  Tapi beberapa negara, justru memandang tikus sebagai rezeki untuk disantap.  Ini asli 'ngeri-ngeri sedap'.

Di Malawi, Afrika Timur, berburu tikus memang untuk dijadikan makanan. Di Indonesia, berburu tikus memang untuk dihabisi dan dibuang karena ya itu tadi, hama.

Orang Indonesia biasanya tikus hasil buruan dibuang tikus dengan cara ditanam atau dibakar.  Di Malawi, tikus hasil buruan diikat pada tongkat, untuk dimasak, diasinkan, atau dikeringkan sebagai makanan lezat yang populer di pasar dan menjadi hidangan pinggir jalan.

Begitulah adanya.

BACA JUGA:Mau Kulitmu Cantik? Konsumsi 5 Makanan Ini

Di Virginia Barat (AS) tikus mulai dikonsumsi sejak keruntuhan industri pertambangan di sana.  Disajikan sebagai bagian dari hidangan yang diolah dari hewan-hewan yang mati di jalanan.

Di Prancis dan Inggris era Victoria, pai tikus kadang disajikan sebagai hidangan orang kaya.[butuh rujukan] Saat kekurangan pangan pada masa Perang Dunia II, ahli biologi Inggris memakan tikus laboratorium yang disajikan dengan krim.

Bahkan Hawaii dan Polinesia, tikus adalah makanan sehari-hari bagi rakyat jelata. Saat berpesta, orang Polinesia Rapa Nui biasa makan daging tikus, tetapi raja tidak diperkenankan menyantap daging tikus, karena kepercayaan penduduk pulau itu pada "keadaan kesucian" yang disebut tapu.

Tulang tikus yang ditemukan di semua lokasi umumnya dalam kondisi terpotong-potong, dibakar, dan ditutupi bahan berkarbonisasi, yang menunjukkan bahwa tikus dimakan sebagai makanan. Ditemukannya sisa-sisa tikus yang lebih banyak di rumah rakyat jelat dapat menunjukkan bahwa kaum bangsawan Hawaii sebelum kontak dengan Eropa tidak mengkonsumsi tikus akibat masalah tradisi atau selera.

BACA JUGA:Jijik Tapi Mahal. Minuman atau Makanan dari Pembuangan Hewan..

Sementara di Ivory Coast, Afrika Barat, jangan kaget jika melihat hidangan daging tikus ada di mana-mana. Sejak dulu masyarakat di Ivory Coast, sudah terbiasa menyantap daging tikus sebagai makanan sehari-hari.

Salah satu menu yang paling digemari di sana ada daging tikus dengan sambal terong. 

Terkadang tikus sambal terong ini dimakan seperti cemilan. Atau bisa juga dipadukan dengan singkong, yang menjadi pengganti nasi di sana.

Lain pula di Kamboja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: