Hidangan dari Cacing. Nikmat dan Berkelas? Berani Coba?

Hidangan dari Cacing.  Nikmat dan Berkelas? Berani Coba?

--

BABELPOS.ID. Tentu tidak setiap orang sanggup mencicipinya.  Banyak yang baru mendengar saja pasti sudah mual?  Tapi, ini bukan sembarangan makanan, ini makanan berkelas yang justru hanya ada di hotel-hotel berbintang di Philipina.

1) Tamilok

Bahan dasarnya, cacing.

Namanya, Tamilok.

Ini makanan yang terbuat dari cacing asli Palawan, Pihilipina.  Cacingnya cacing besar dari laut atau hutan. Diolah dengan 

direndam air cuka yang diberi cabai dan bawang merah.

Rasanya sih konon, berlendir, asin dan tentu pedas. 

BACA JUGA:Dapuk Nyamen Apri, Mitra Binaan PT Timah Tbk yang Menyediakan Aneka Kuliner Tradisional

2) Palolo 

Untuk kuliner dengan bahan dasar cacing yang satu ini, juga ada di Indonesia. Cacing palolo berwarna merah oranye dengan bentuk selain mengerikan, juga tentu menjijikkan.  Hidup di air.

Di Negara Fiji, cacing ini digunakan sebagai sumber makanan yang cukup utama. Mereka bahkan sengaja melakukan ternak. Setelah besar dan panjang mencapai 30 cm, cacing ini dipanen dan dimasak dengan cara digoreng atau dicampur sayur-mayur. Di daerah Maluku atau Papua, cacing ini juga biasanya diolah sebagai lauk pengganti daging.

3) Di Meksiko

Di Meksiko ada Sal de Gusano, yaitu penyedap rasa yang banyak digunakan di Meksiko. Terbuat dari garam, cabai merah dan cacing laut. Semua bahan dikeringkan lalu dihancurkan menjadi serbuk merah dengan rasa dominan asin dan sedikit pedas. Orang Meksiko biasanya menggunakan Sal de Gusano sebagai bumbu atau cocolan ngemil.

BACA JUGA:Uji Petik Kemenparekraf, Pangkalpinang Diminta Kuliner Ini Jadi Ikon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: