Manfaat Habbatussauda dan Cara Mengonsumsinya

Manfaat Habbatussauda dan Cara Mengonsumsinya

Jintan Hitam --Ist

BABELPOS.ID - Habbatussauda atau jintan hitam merupakan salah satu bahan herbal alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Pharmacist & Medical Pharmacoligist, apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E, M.Sc. melalui siaran persnya, Selasa (15/8) menjelaskan, habbatussauda merupakan salah satu bahan herbal yang punya spektrum terluas untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Habbatussauda merupakan salah satu bahan herbal yang memiliki cakupan manfaat banyak terhadap kesehatan, terutama jika dikonsumsi dengan cara dan pola yang tepat.

Beberapa khasiat habbatussauda di antaranya, menjaga imunitas tubuh, menambah stamina, mengatasi peradangan, hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

BACA JUGA:Mau Umur Panjang, Lakukan 4 Kebiasaan Ini

BACA JUGA:Pantau Gula Darah Anda Lewat Tanda-tanda BAB

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Asian Journal of Pharmaceutical & Clinical Research, Habbatussauda memiliki kandungan yang berperan sebagai agen antiinflamasi dan antioksidan, termasuk timokuinon dan flavonoid, yang mampu memperkuat respons imun tubuh melawan penyakit.

Adapun antioksidan merupakan salah satu senyawa dalam biji Habbatussauda yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit. 

Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, antikosidan juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

BACA JUGA:Wanita Wajib Baca! Ini Dampak Minuman Manis

BACA JUGA:Ini 4 Manfaat Serai untuk Tubuh

Habbatussauda juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Hypertension menemukan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak Habbatussauda secara rutin dapat menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki hipertensi ringan.

Selain itu, minyak atsiri dalam Habbatussauda juga dapat memperbaiki gangguan dalam sistem pencernaan.

“Oleh karena itu, Habbatussauda juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan perut kembung yang disebabkan adanya gas dalam perut,” kata Victor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: babel.antaranews.com