BI Babel Dukung UMKM Subsisten, Panen Bersama 19 Ton Cabai Merah di Belitung

BI Babel Dukung UMKM Subsisten, Panen Bersama 19 Ton Cabai Merah di Belitung

Kepala BI Perwakilan Babel menyerahkan bantuan program pengolahan ikan untuk UMKM Beluntas Belitung.-Agus -

BABELPOS.ID, BELITUNG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pemda Kabupaten Belitung menyelenggarakan Pelatihan Produk Pengolahan Ikan kepada UMKM Beluntas di Desa Tanjung Binga, Kabupaten Belitung, Selasa (8/8/2023) lalu. 

UMKM tersebut tergolong subsisten dengan mayoritas anggota perempuan, penerima bansos, serta memiliki rintisan usaha. Pelatihan diberikan kepada 23 peserta tentang cara pengolahan hasil perikanan dengan produk keritcu. 

"Pelatihan ini merupakan pelatihan lanjutan dari tahun sebelumnya untuk meningkatkan diversifikasi jenis produk olahan hasil perikanan," ujar Kepala KPwBI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung , Faturachman dalam keterangan resminya, Minggu (13/8/2023). 

BACA JUGA:Pemprov. Babel Apresiasi Komitmen Bank Indonesia Dorong Kemandirian Pangan Babel

Dia menjelaskan bahwa Bank Indonesia telah mengembangkan model bisnis pengembangan kelompok subsisten sejak tahun 2021. 

Program ini telah diimplementasikan dalam bentuk pilot project selama dua tahun (2021-2022) di 8 wilayah di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:Bank Indonesia Dorong Masjid di Babel Pakai QRIS

Selanjutnya, kata dia, pada tahun 2022 model bisnis pengembangan tersebut telah direplikasi hingga terbentuk 93 kelompok subsisten. 

Faturachman menyebut, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terdapat 2 kelompok subsisten yang menjadi binaan KPwBI Babel, yaitu Kelompok Masyarakat Subsisten Beluntas di Desa Tanjung Binga dan Kelompok De Gual di Desa Suak Gual, keduanya berada di Belitung. 

"Program ini akan terus dikembangkan di masa yang akan datang untuk menjadikan UMKM subsisten naik kelas," tutur Faturachman. 

BACA JUGA:Bank Indonesia Jadikan Sinar Bulan dan Bukit Besar Sebagai Percontohan Kelurahan Tanggap Inflasi di Babel

Sementara itu, di tanggal 10 Agustus 2023, UMKM Beluntas diikutsertakan showcasing UMKM dalam kegiatan Konsultasi Regional Produk Domestik Regional Bruto dan Indikator Sosial Ekonomi (PDRB-ISE) Se-Sumatera.

Selain pelatihan, dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama pendampingan kelompok subsisten Beluntas dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Belitung sebagai Implementing Partner Daerah (IPD) yang berlangsung sampai dengan September 2023. 

BACA JUGA:Tekan Inflasi, Bank Indonesia dan TPID Babel Gelar Pasar Murah di Pulau Bangka dan Belitung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: