Pj Ketua TP PKK Kep. Babel Himbau Pokjanal Posyandu Harus Lebih Aktif dan Optimal

Pj Ketua TP PKK Kep. Babel Himbau Pokjanal Posyandu Harus Lebih Aktif dan Optimal

IST/Dokumentasi Diskominfo Babel--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Transformasi layanan kesehatan primer bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan yang komprehensif dan berkualitas untuk masyarakat. Selain itu, layanan kesehatan juga merupakan tingkat pertama yang berkontak langsung dengan individu, keluarga dan masyarakat terhadap sistem kesehatan nasional. 

Hal tersebut disampaikan oleh Hastuti, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), pada agenda "Pertemuan Penguatan Pokjanal Dalam Integrasi Layanan Primer di Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung", di Sun Hotel Pangkalpinang, Senin (31/7/23).

Hal ini sejalan dengan imbauan yang terus digalakkan oleh Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kep. Babel Maya Suganda Pasaribu, yang mana penguatan dan pengoptimalisasian dari Pokjanal Posyandu (Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pelayanan Terpadu) sangat diperlukan, guna mencapai kebaikan bersama. 

"Tidak bisa dipungkiri, masih banyak desa yang belum aktif posyandunya. Bahkan Kepala Desanya tidak tahu kalau Posyandu itu bagian dari desa. Yang mana harusnya penganggaran dan lainnya tanggung jawab dari desa, bukan Dinkes atau pun organisasi tertentu," ujar Pj Ketua Maya.

Diketahui, setiap Pokjanal Posyandu harus melaksanakan kegiatan minimal 2 kali dalam satu tahun. Karena, tugasnya untuk memfasilitasi, pembinaan, pengawasan dan evaluasi.

Selain itu, untuk saat ini memang pemerintah pusat maupun provinsi sedang memprioritaskan untuk menurunkan angka stunting. Maka dari itu, peran Pokjanal Posyandu bersinergi dengan Kader PKK yang aktif sangat diperlukan. 

Pj Ketua TP PKK Maya Suganda juga menambahkan, semua rencana dan program yang bagus akan menjadi percuma, apabila pihak yang paling dekat dengan masyarakat (bawah) tidak ikut serta melaksanakannya. Karena hasil yang diperoleh pun akan tidak maksimal. Untuk itu, Ia berpesan agar seluruh peserta Pokjanal yang hadir pada agenda hari ini, untuk lebih aktif lagi dalam menjalankan tugasnya.

"Saya minta kita semua harus optimal, terutama para pokjanal posyandu dan kader-kader PKK. Karena percuma saja kita rapat berkali-kali, merencanakan program sebaik apa pun, kalau yang di bawah tidak mau bekerja sama, maka akan susah kita mencapainya," ujarnya.

Penulis: Intan 

foto: Iyas Zi

editor: Natasya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: