Masjid Agung Kubah Timah Progres 75 Persen, Wako Molen Tinjau Pembangunan

Masjid Agung Kubah Timah Progres 75 Persen, Wako Molen Tinjau Pembangunan

Wako Molen didampingi Kepala Dinas PUPR Pangkalpinang meninjau Masjid Kubah Timah.-Abot -

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil turun memantau pembangunan masjid Kubah Timah, Senin (31/7/2023) pagi. Dia didampingi Kepala Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M Agus Salim untuk memastikan kesiapan agar target realisasi pada bulan Oktober ini selesai untuk pembangunan tahap pertama ini.

Menurut dia, setelah memantau ke lapangan pembangunan tinggal finishing. Ini yang menurut dia berat karena harus dikontrol sesuai apa yang direncanakan. 

"Jangan sampai tidak sesuai yang diharapkan. Kedepan akan sering kita kroscek karena finishing ini menentukan rencana awal masjid Kubah Timah," ujar Wako Molen.

BACA JUGA:Kementerian ATR/BPN Hibahkan Aset untuk Pembangunan Masjid Kubah Timah PGK

Selain itu juga, keberlangsungan masjid ini juga perlu dipikirkan. Pasalnya, sesuai desain pembangunan masjid tidak selesai dalam periode ini.

"Karena termasuk menara, jalan penyeberangan orang dan dua Kubah lagi serta parkir semi basement perlu kita kawal agar pembangunan maksimal. Perlu dua periode untuk pembangunan ini," tuturnya.

Pemerintah Kota Pangkalpinang juga sudah menyambangi Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko untuk meminta kehadiran Presiden RI, Joko Widodo dalam peresmian masjid Kubah Timah. Pihaknya sudah melakukan presentasi ke KSP namun kedatangan Presiden belum bisa dipastikan. 

"Kita kemarin sudah bersurat ke KSP, rencana peresmian oleh Presiden sudah kita presentasikan. Rencana pada 9 November dan schedule masih tentatif yang jelas kita sudah pemaparan," tutupnya.

BACA JUGA:Masjid Kubah Timah Jadi Program Prioritas Pemkot Pangkalpinang

Sementara, Kepala Dinas PUPR, M Agus Salim mengaku progres 75 persen setelah pemasangan enamel ketiga Kubah sudah selesai. Kemudian, dilanjutkan pemasangan plafon, instalasi listrik, instalasi sound system dan dikubah utama mulai pemasangan lantai.

"Minggu ini mulai perobohan mess depan yang sudah dihibahkan ke kita. Kita tata landscape untuk depan sambil proses pembangunan dalam," ujarnya.

Tersisa pembangunan 25 persen masih menunggu makara yang dibuat di Mentok dan kemungkinan akhir Agustus akan datang langsung dilakukan pemasangan. 

"Di depan itu nantinya akan dibangun juga water treatment plan untuk air limbah, ground tank air dan depan itu menara sama jembatan penyeberangan orang dari masjid Kubah Timah ke Alun-alun Taman Merdeka," tukasnya.(*)

BACA JUGA:Wako Molen Hadiri Revitalisasi Situs Masjid Jamik dan Klenteng Kwan Tie Miau oleh Polda Babel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: