Persiapan Sudah 90 Persen, KKN MAs 2023 Siap Digelar

Persiapan Sudah 90 Persen, KKN MAs 2023 Siap Digelar

KKN MAs Bangka Belitung 2023--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALAN BARU - Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKN MAs) 2023 di Bangka Belitung tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan termasuk sarana dan prasarana untuk mendukung berlangsungnya acara KKN MAs telah matang dipersiapkan oleh tim panitia.

Dzihan Khilmi Ayu Firdausi, M.Pd., selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (UnMuh Babel) menjelaskan bentuk kesiapan dalam menyambut mahasiswa dari seluruh PTMA di Indonesia yang berpartisipasi dalam KKN MAs 2023.

“Persiapan kita sudah 90 persen, penjemputan dan penginapan, konsumsi dan sebagainya semuanya sudah siap. Mahasiswa akan transit di kampus Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung selama dua hari, 29-30 Juli 2023, lalu tanggal 31 Juli ada seremonial penerjunan mahasiswa KKN dan tanggal 1 Agustus akan diserahkan ke desa-desa, sebanyak 73 desa”, ungkap Dzihan.

BACA JUGA:UnMuh Bahas Pembangunan Berkelanjutan Babel Dalam Seminar Nasional

BACA JUGA:UniMAP dan UnMuh Teken MoU, Mudahkan Masyarakat Babel Kuliah S2 & S3

Dengan total mahasiswa yang akan melakukan KKN MAs di Bangka Belitung berjumlah 755 orang, mereka akan disebarkan di 73 desa, dengan rincian 60 desa di pulau Bangka dan sisanya 13 desa di pulau Belitung. Tema yang diusung pada KKN MAs 2023 ini adalah "Penguatan Eduecotourism Berbasis Teknologi untuk Mendukung Konservasi Lingkungan di Bumi Serumpun Sebalai".

“Sudah dua hari ini kita sedang proses penyambutan mahasiswa, yang mana mulai kemarin (Jum’at, 28/07/2-23) sudah ada yang datang. Hari ini juga sekitar 100-an mahasiswa datang dan puncaknya kedatangan mahasiswa dan DPL yakni besok Ahad (30/07/2023),” tuturnya.

BACA JUGA:Unmuh Babel Kumpulkan Mahasiswa dari 7 Negara Dalam Event Internasional Summer Course 2023

BACA JUGA:Sosialisasi di Unmuh Babel, Kantor Imigrasi Ingatkan Mahasiswa Rentan Jadi Target Perdagangan Orang

Dzihan menyebutkan KKN MAs ini dapat terlaksana dengan baik atas dukungan dari berbagai pihak tak terkecuali support dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada bidang transportasi dan konsumsi.

Selain itu ada pula support dari 5 pemerintah kabupaten/kota, dan dari pemerintah desa dalam mengawal mahasiswa, membantu menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan di desa dan koordinasi dengan warga-warga lokasi KKN.

BACA JUGA:Pj Gubernur Ajak Wisudawan Unmuh Babel Jaga Integritas dan Membangun Daerah

BACA JUGA:Unmuh Babel Buka Fakultas Baru

Sebagai bagian dari agenda KKN MAs, pada Sabtu (29 Juli 2023) dilaksanakan seminar atau kuliah umum mengenai “Strategi Pengembangan Potensi Desa dan Koordinasi Teknis Pelaksanaan KKN MAs 2023 di Bumi Serumpun Sebalai”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: