Tim Pengabdian Teknik Mesin UBB Serahkan Alat Bantu Jalan Tunadaksa

Tim Pengabdian Teknik Mesin UBB Serahkan Alat Bantu Jalan Tunadaksa

Penyerahan alat bantu untuk penyandang tunadaksa dari Fakultas Teknik UBB.-Tri-

BABELPOS.ID, MERAWANG - Tim Pengabdian Masyarakat Tingkat Universitas (PMTU) Jurusan Teknik Mesin Universitas Bangka Belitung (UBB) memberikan alat bantu jalan ke penyandang Tunadaksa. Bantuan alat bantu jalan diserahkan Tim Pengabdian Teknik UBB melalui Pusat Pelayanan Tunadaksa (YPAC) Pangkalpinang, Jumat (28/7).

Penyerahan alat bantu jalan Tunadaksa  ini merupakan bagian dari program PMTU dalam meningkatkan minat berjalan bagi para Tunadaksa. Penyerahan oleh Tim PMTU UBB dilakukan Yudi Setiawan, Jeri Ariksa, Eka Sari Wijianti, Budi Darmawan, dan Rodiawan. Alat bantu jalan Tunadaksa diterima langsung Ketua YPAC Pangkalpinang, Endang Sri Hastuti beserta jajarannya serta perwakilan Tunadaksa. 

BACA JUGA:Anak Dibawah Umur Melempar Pengguna Jalan, Dinsos Bangka Beri Imbauan Ini

Pemberian bantuan alat bantu jalan Tunadaksa ini menandai kolaborasi antara dunia akademik dan lembaga pelayanan Tunadaksa dalam menciptakan dampak positif bagi masyarakat. Ketua Kegiatan PMTU UBB, Yudi Setiawan mengungkapkan program ini adalah bagian dari upaya untuk melibatkan mahasiswa dalam kegiatan sosial yang memberikan dampak nyata bagi masyarakat. 

"Melalui penyerahan alat bantu jalan Tunadaksa ini, kami berharap dapat membantu meningkatkan mobilitas para Tunadaksa dan mendorong mereka untuk lebih aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan," sebut Yudi Setiawan kepada Babel Pos, Jumat (28/7). 

BACA JUGA:Dua Lansia Terlantar Dinsos Bangka Titip ke Panti Wado

Ia jelaskan, program alat bantu jalan Tunadaksa terwujud berkat kerjasama antara PMTU UBB dan YPAC Pangkalpinang yang merupakan hasil dari komitmen kedua belah pihak untuk saling mendukung dalam upaya menciptakan lingkungan lebih inklusif. Program pengabdian masyarakat ini juga salah satu bentuk implementasi dari nilai-nilai sosial dan kemanusiaan yang dijunjung tinggi oleh UBB.

"Kegiatan ini juga mencakup sesi pengenalan tentang cara penggunaan alat bantu jalan Tunadaksa yang tepat bagi para Tunadaksa dan keluarga mereka. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa alat bantu jalan Tunadaksa yang diberikan dapat dimanfaatkan secara maksimal, memberikan kenyamanan dan keamanan dalam aktivitas sehari-hari," terangnya. 

BACA JUGA:Dinsos Bangka Beri Perhatian kepada Disabilitas Lewat RBM

Menurutnya, semangat kebersamaan dan kepedulian pihak yang terlihat menjadi bukti nyata untuk bersama menciptakan perubahan positif bagi masyarakat berkebutuhan khusus. Ia berharap, adanya bantuan alat bantu jalan Tunadaksa membuat minat berjalan para Tunadaksa dapat meningkat, serta kualitas hidup dapat ditingkatkan secara signifikan. 

"Semoga kolaborasi ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi seluruh masyarakat," harapannya. 

BACA JUGA:Dinsos Babel Dukung Rehabilitasi di Yayasan Rehabilitasi Mental Moeliya

Sementara itu, Ketua YPAC Pangkalpinang Endang Sri Hastuti, menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PMTU UBB khususnya Rektor, Dekan, Jurusan Teknik Mesin, dan Jurusan Sosiologi UBB. 

"Kami merasa terharu, pagi hari ini terasa mengandung "bawang" dan sangat bersyukur atas sumbangan alat bantu jalan Tunadaksa yang diberikan oleh Tim PMTU Jurusan Teknik Mesin UBB. Alat bantu berjalan ini akan sangat bermanfaat bagi para Tunadaksa yang kami layani di YPAC Pangkalpinang. Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk memberikan dukungan bagi peningkatan kualitas hidup para Tunadaksa," kata Endang Sri Hastuti.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: